Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Siapkan Motor Hybrid Baru, Bodi Versys dan Eliminator

Kompas.com - 03/06/2024, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki memang jadi satu pabrikan yang berinovasi bikin motor hybrid pertama dan menjualnya. Ada dua motor hybrid Kawasaki, yakni Ninja 7 Hybrid dan Z7 Hybrid.

Tidak berhenti di situ, Kawasaki terpantau menyiapkan motor hybrid lain dengan basis yang berbeda. Bocoran tersebut muncul karena ada gambat paten dari Kawasaki mengenai motor baru berbentuk petualang dan cruiser.

Dikutip dari Cycleworld, kedua motor tersebut adalah Versys Hybrid dan Eliminator Hybrid. Pada gambar paten tersebut, terpantau posisi dari baterai dan motor listrik yang tentunya berbeda dengan dua motor yang duluan hadir.

Baca juga: Harga mulai Rp 33 Jutaan, Kawasaki KLX150S dan KLX150SM Meluncur

Motor Hybrid Kawasaki Ninja 7 HEV di Japan Mobility ShowKompas.com/Agung Kurniawan Motor Hybrid Kawasaki Ninja 7 HEV di Japan Mobility Show

Ninja 7 Hybrid dan Z7 Hybrid bisa dibilang punya rangka, tangki, dan penempatan baterai serta motor listrik yang sama. Jadi perbedaannya cuma ada di bagian bodi saja, baterai dan motor listrik ada di bawah bangku pengendara.

Sedangkan kalau melihat di gambar paten Versys dan Eliminator Hybrid, kemungkinan mesin dan sistem hybridnya akan sama. Mesinnya 451cc dua silinder dipadukan dengan motor listrik yang dipasang tepat di atas gearbox.

Perbedaannya adalah tentu di bagian rangka dan penempatan komponen elektronis dan baterai. Buat kedua motor, baterainya akan ditempatkan tepat di atas mesin, makanya perlu ada penyesuaian dari bentuk tangki.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Tak Pakai Cairan Coolant Bikin Mobil Overheat?


Buat Versys, tangkinya tepat di atas baterai dan menutupnya. Sedangkan Eliminator, bentuk tangkinya akan jadi dua sisi, kanan dan kiri, serta baterai yang ada di bagian tengah rangka.

Penasaran akan seperti apa bentuk motorr hybrid selanjutnya dari Kawasaki. Gambar patennya sudah, tinggal tunggu saja prototipenya dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com