Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal MotoGP Mugello, Dominasi Bagnaia di Mugello Kembali Terjadi?

Kompas.com - 02/06/2024, 11:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia dari Lenovo Ducati menjadi juara di Sprint Race MotoGP Italia yang berlangsung di Sirkuit Mugello, Sabtu (1/6/2024).

Sedangkan di posisi kedua ada pebalapp Gresini Racing yakni Marc Marquez dan podium ketiga diisi Pedro Acosta dari Tech3 Gas Gas. Balapan kemarin, Bagnaia memimpin sejak putaran pertama.

Start dari posisi kedua, Bagnaia punya akselerasi yang baik, sampai menyalip Jorge Martin yang memulai dari Pole Position. Sejak tikungan pertama, Bagnaia memimpin balapan sampai akhir 11 putaran Sprint Race.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP Usai Sprint Race Mugello, Martin Masih Unggul

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Italia 2024Dok. @89jorgemartin Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Italia 2024

Bagnaia kelihatan percaya diri sejak Sprint kemarin. Bahkan dia bisa memainkan catatan waktunya buat memberi jarak ke pebalap yang ada di belakangnya.

Drama malah terjadi saat perebutan posisi kedua, Martin terus dibayangi Enea Bastianini. Sampai akhirnya di putara ketiga, Bastianini melebar di tikungan pertama lalu bersenggolan dengan Martin sampai terjatuh.

Race Director menyebut kejadian antara Martin dan Bastianini merupakan insiden balap, jadi Martin tidak dikenai penalti. Apesnya, Martin malah terjatuh di tikungan pertama beberapa putaran kemudian karena mengalami lowside.

Baca juga: Hasil Sprint Race MotoGP Italia 2024, Bagnaia Menang, Martin Terjatuh

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024

Makanya, Marc Marquez yang saat itu mengisi posisi ketiga, naik jadi ke-2. Begitu juga Acosta yang tadinya tidak naik podium, jadi mengisi tempat ketiga.

Pada balapan nanti, Bagnaia dapat penalti turun posisi start tiga tempat setelah menghalangi Alex Marquez di sesi Kualifikasi. Jadi pemenang Sprint harus memulai balapan dari baris kedua, di posisi kelima.

Martin tetap di Pole Position, posisi start kedua nanti diisi Maverick Vinales, ketiga ada Marc, dan keempat Bastianini. Bagi yang mau menonton balapan MotoGP, rangkaiannya akan dimulai nanti malam pukul 19.00 WIB.

Berikut jadwal MotoGP Italia di Sirkuit Mugello Minggu (2/5/2024):

14.40 WIB-14.50 WIB : Warm Up MotoGP

19.00 WIB Race MotoGP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com