Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MPV BYD Tertangkap Kamera, Sudah Setir Kanan

Kompas.com - 28/05/2024, 13:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar di dunia maya spyshot mobil listrik terbaru BYD. Berjenis multi purpose vehicle (MPV), ternyata mobil tersebut sudah menggunakan setir kanan.

Dikutip dari Carnewschina.com, Selasa (28/5/2024), MPV listrik BYD tersebut menggunakan nama BYD M6. Spyshot yang beredar disebutkan diambil di China.

Dengan mobil listrik tersebut menggunakan setir kanan, maka diyakini BYD M6 ditujukan untuk ekspor. Tidak menutup kemungkinan Indonesia menjadi salah satu tujuannya.

Baca juga: Tesla dan BYD Jadi Merek Mobil Paling Inovatif, Mobil Jepang Tak Masuk 10 Besar

Bicara soal desain eksterior, tampilannya mirip dengan BYD Song Max yang sudah dipasarkan di China sejak September 2017. Untuk versi facelift, mobil ini sempat dipamerkan pada Maret 2024 di Bangkok International Motor Show.

Song MAX DM-i 2022, MPV bermesin hybrid rakitan BYDBYD Song MAX DM-i 2022, MPV bermesin hybrid rakitan BYD

BYD Song Max dan BYD M6 memiliki kemiripan pada desain grille dan lampu depan yang menyipit. Kemudian, logo BYD yang berada di tengah seolah-olah menghubungkan kedua lampu depan tersebut.

Bagian sisi kiri dan kanan bumper terdapat lubang udara yang dibuat lebih besar dibanding Song Max. Sayangnya, bagian samping tidak begitu terlihat dengan jelas.

Sementara bagian belakang, desain lampunya juga dibuat ramping dan dihubungkan oleh aksen krom di bagian tengah. Desain eksterior pada buritan sangat mirip dengan Song Max.

Baca juga: Bocor, Seperti Ini Penampakan BYD Seal Versi Hatchback

Bila MPV listrik ini menggunakan basis Song Max DM-i, maka diperkirakan dimensinya memiliki panjang 4.710 mm, lebar 1.810 mm, tinggi 1.880 mm, dan jarak sumbu rodanya 2.785 mm.

MPV listrik BYD M6Dok. Carnewschina.com MPV listrik BYD M6

Song Max EV sudah meluncur di China sejak 2019. Mobil listrik tersebut memiliki tenaga hingga 163 Tk dan kecepatan maksimumnya diklaim tembus 150 kilometer per jam.

Spekulasi lainnya menyebutkan bahwa M6 merupakan generasi kedua dari E6, yang juga menggunakan basis dari Song Max. Sayangnya, belum diketahui secara pasti apakah M6 hanya akan dipasarkan di China atau diekspor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com