Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Serahkan Sienta Welcab buat RSO Dr. Soeharso Surakarta

Kompas.com - 18/05/2024, 09:41 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Toyota Indonesia menyerahkan bantuan satu unit mobil Sienta Welcab kepada Rumah Sakit Prof. Dr. Soeharso secara simbolis pada hari ini Jumat (17/5/2024) meski mobi tersebut telah diserahkan pada 2 Desember 2023.

Dipilihnya Sienta Welcab sebagai donasi Toyota Indonesia untuk RS Ortopedi Prof. Dr. Soeharso, karena mobil tersebut memiliki konfigurasi kursi yang unik melalui fitur New Rotation dan Side Lift sehingga memungkinkan kursi ditarik keluar masuk lewat pintu geser.

Dengan kelebihan yang dimiliki, Toyota Indonesia berharap Sienta Welcab akan sangat membantu mobilitas para pasien lanjut usia dan difabel saat melakukan perawatan ataupun terapi ke RS Ortopedia Prof. Dr. Soeharso Surakarta.

Baca juga: 130 Unit Toyota bZ4X Kawal WWF 2024 di Bali

Manajemen Toyota Indonesia memantau secara langsung kegunaan Sienta Welcab di RSO Dr. Soeharso SurakartaKompas.com/Erwin Setiawan Manajemen Toyota Indonesia memantau secara langsung kegunaan Sienta Welcab di RSO Dr. Soeharso Surakarta

Dalam upaya mengoptimalkan kegunaan Sienta Welcab di RS Prof. Dr. Soeharso, PT TMMIN mewakili manajemen Toyota Indonesia melakukan peninjauan ke lokasi untuk melihat langsung penggunaan, respon dari pihak manajemen RS maupun para pasien, tidak terkecuali pasien difabel atas keberadaan mobil tersebut selama ini.

Berbagai masukan yang ada terkait utilisasi dari Sienta Welcab itu akan menjadi acuan bagi Toyota Indonesia untuk meningkatkan lagi kualitas kendaraan tersebut sehingga pemanfaatannya menjadi optimal.

Presiden Direktur PT TMMIN, Nandi Julyanto mengatakan, pemilihan Sienta sebagai mobil antar jemput pasien RS Prof. Dr. Soeharso berkat desainnya yang lebih pas.

Baca juga: Toyota Mulai Uji Hilux BEV, Rencana Produksi Tahun Depan

Toyota Indonesia serahkan Sienta Welcab secara simbolis kepada RSO Dr. Soeharso Surakarta  Kompas.com/Erwin Setiawan Toyota Indonesia serahkan Sienta Welcab secara simbolis kepada RSO Dr. Soeharso Surakarta

“Berbekal DNA sebagai sebuah Multi Activity Vehicle (MAV) Sienta menawarkan nilai tambah kepraktisan lebih melalui fitur sliding door untuk membuat akses keluar masuk lebih mudah dan aman, ground clearance juga menjadi perhitungan,” ucap Nandi kepada awak media, Jumat (17/5/2024).

Kursi welcab dapat bergerak keluar dan masuk secara otomatis dengan menggunakan New Physical Remote dan Remote App. tersebut merupakan produksi Toyota (genuine part) dan ditempatkan pada baris kedua sebelah kiri sebagai New Captain Seat Welcab, lengkap dengan sandaran tangan pada sisi kanan kursi, sandaran kepala, dan sandaran kaki.

Sienta Welcab dilengkapi fitur pembersih udara (Integrated Air Purifier) untuk meningkatkan kualitas udara bagi penumpang.

Fitur tersebut juga dilengkapi dengan Intelegent Air Quality Control untuk menunjukkan kondisi kualitas udara di dalam kabin.

Baca juga: Modern dan Ramah Lingkungan, Ini Spesifikasi Toyota Forklift 60-8FBN Series yang Diluncurkan Traknus di Forklift Exhibition 2024


“Penyerahan Sienta ini sudah direncanakan oleh perusahaan, termasuk rencana menggandeng UMKM yang bisa membuat joknya, saat ini baru ada tiga unit sebagai percobaan, dua di Jakarta dan satu di sini,” ucap Nandi.

Nandi mengatakan Sienta Welcab juga bakal dijual secara komersial mengingat konfigurasi mobil tersebut sangat mendukung mobilitas penumpang lanjut usia dan berkebutuhan khusus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com