Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Cegah Roda Terkunci Saat Mobil Lama Tidak Dipakai

Kompas.com - 03/05/2024, 10:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Bagi pemilik mobil mungkin pernah mengalami roda mobil terkunci setelah parkir dalam waktu yang lama.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan, roda mobil terkunci saat lama tidak dipakai terjadi karena ada komponen rem yang basah.

Roda terkunci saat lama tidak digunakan biasanya karena kampas rem basah, berhenti lama jadi karat, sehingga kampas rem nempel di tromol atau piringan cakram,” kata Muchlis kepada Kompas.com, Kamis (4/5/2024).

Baca juga: BYD Pastikan Kesiapan 10.000 unit Mobil Listrik untuk PLN

Ilustrasi garasi mobil.Ghulam/KompasOtomotif Ilustrasi garasi mobil.

“Solusinya kalau mobil manual cukup dimasukkan gigi 1 dan roda diganjal dan kalau matik masuk P dan roda diganjal,” lanjut Muchlis.

Muchlis juga menyarankan, hindari penggunaan rem tangan setelah mencuci mobil, hal ini untuk mengurangi risiko terbentuknya karat akibat kampas rem yang basah.

Namun, jika hal tersebut terjadi langkah pertama yang bisa dilakukan pemilik mobil adalah dengan menginjak pedal gas sedikit keras.

Baca juga: Bluebird Pasang Target Kurangi Emisi hingga 50 Persen di 2030


“Kalau penanganan pertama yang bisa dilakukan, untuk mobil manual masuk gigi 1 atau R dan pastikan depan atau belakang longgar, kemudian dihentak gas,” kata Muchlis.

Sementara, untuk mobil matik masuk ke D atau R dan tinggal hentakan gas, pastikan juga jika depan atau belakang mobil longgar.

Namun, jika hal tersebut tidak berhasil maka harus di bawa ke bengkel untuk penangananya yang lebih serius.

“Tinggal bawa ke bengkel, supaya dilakukan pembersihan kampas rem dan komponen rem lainnya, termasuk pelumasan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com