Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Buruk Pengendara Motor di Indonesia, Ngobrol Sambil Jalan

Kompas.com - 29/04/2024, 18:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor seharusnya dilakukan dengan konsentrasi. Cuma, orang Indonesia ada saja yang menyepelekan dengan berkendara sambil mengobrol.

Kadang, pengendara yang mengobrol ini dilakukan dengan pengendara lainnya. Jadi di jalan, ada dua motor yang bersebelahan dan kedua pengendaranya saling berbicara.

Kejadian seperti ini sering terjadi di jalanan. Salah satunya seperti yang diunggah akun Dashcam Indonesia di Instagram, kelihatan dua pengendara yang mengobrol menghalangi laju kendaraan.

Baca juga: Dampak Kenaikan BI Rate terhadap Industri Motor

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Sepertinya kedua pengendara itu orang sekitar, melihat kebiasaan tidak memakai helm dan jaket. Bisa jadi juga orang yang terekam tadi adalah tetangga, makanya saling mengenal.

Menanggapi video tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, orang yang ngobrol ke orang lain sambil berkendara itu salah dalam mengartikan komunikasi di jalan.

"Bertemu dengan siapapun boleh-boleh saja tapi harus menghormati pengguna lain, jangan sampai menghambat atau mengganggu sekalipun di jalan lingkungan," kata Sony kepada Kompas.com, Senin (29/4/2024).

 Baca juga: CATL Kenalkan Teknologi Baterai Terbaru, Cas 10 Menit Untuk 600 Km

Memang kelihatannya bukan jalan yang besar dan mengontrolnya pun sepele. Tapi lihat juga ke belakang, ada pengguna jalan lain yang terganggu.

"Jadi lebih bijak berhenti untuk berkomunikasi dengan jelas dari pada sambil berkendara yang bisa memecah fokus," kata Sony.

Sayangnya orang Indonesia banyak yang menganggap remeh, kecepatannya pelan jadi aman-aman saja buat mengobrol. Padahal bukan cuma ganggu, bahaya juga pasti tetap ada risikonya.

"Jangan pernah lengah di jalan raya. Pahami pentingnya keselamatan buat orang lain," kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com