Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebiasaan Buruk Pengendara Motor di Indonesia, Ngobrol Sambil Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor seharusnya dilakukan dengan konsentrasi. Cuma, orang Indonesia ada saja yang menyepelekan dengan berkendara sambil mengobrol.

Kadang, pengendara yang mengobrol ini dilakukan dengan pengendara lainnya. Jadi di jalan, ada dua motor yang bersebelahan dan kedua pengendaranya saling berbicara.

Kejadian seperti ini sering terjadi di jalanan. Salah satunya seperti yang diunggah akun Dashcam Indonesia di Instagram, kelihatan dua pengendara yang mengobrol menghalangi laju kendaraan.

 

Menanggapi video tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, orang yang ngobrol ke orang lain sambil berkendara itu salah dalam mengartikan komunikasi di jalan.

"Bertemu dengan siapapun boleh-boleh saja tapi harus menghormati pengguna lain, jangan sampai menghambat atau mengganggu sekalipun di jalan lingkungan," kata Sony kepada Kompas.com, Senin (29/4/2024).

Memang kelihatannya bukan jalan yang besar dan mengontrolnya pun sepele. Tapi lihat juga ke belakang, ada pengguna jalan lain yang terganggu.

"Jadi lebih bijak berhenti untuk berkomunikasi dengan jelas dari pada sambil berkendara yang bisa memecah fokus," kata Sony.

Sayangnya orang Indonesia banyak yang menganggap remeh, kecepatannya pelan jadi aman-aman saja buat mengobrol. Padahal bukan cuma ganggu, bahaya juga pasti tetap ada risikonya.

"Jangan pernah lengah di jalan raya. Pahami pentingnya keselamatan buat orang lain," kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/04/29/184100315/kebiasaan-buruk-pengendara-motor-di-indonesia-ngobrol-sambil-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke