Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isuzu Masih Enggan Terjun ke Segmen Big Bus

Kompas.com - 08/04/2024, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Isuzu mengaku bukannya tidak tertarik kembali terjun ke segmen bus besar, namun saat ini merek asal Jepang tersebut masih melakukan studi mengenai permintaan dan kebutuhan pasar.

Saat ini di segmen kendaraan komersial angkut penumpang, Isuzu fokus pada market micro bus yaitu Elf Series termasuk Elf Microbus dan bus sedang yaitu Isuzu ELF NQR 71 yang punya panjang 7.465 mm.

Baca juga: Menikmati Layanan Servis HEV di Posko Siaga Toyota Ungaran

Isuzu LT 134 untuk lawan Mercedes-Benz dan Hino yang jadi raja.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Isuzu LT 134 untuk lawan Mercedes-Benz dan Hino yang jadi raja.

Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Yusak Kristian menjelaskan, soal produk sebetulnya Isuzu punya jajaran lengkap tapi bukan berarti pihaknya harus masuk dan berjibaku di semua segmen.

"Basisnya begini. Secara sasis kami punya semua, meski saat ini kami berhenti (baru menjual sasis bus) medium. Kalau ditanya apakah kami sedang studi? Ya, studinya tetap ada untuk bus besar," ujar Yusak di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024).

Yusak menjelaskan, segmen kendaraan komersial penumpang Isuzu belum sebesar komersial untuk logistik.

Baca juga: Waspada, Mau Lewat Tol Fungsional Jangan Terpaku dengan Google Maps

Bus IsuzuPicasa 3.0 Bus Isuzu

"Jadi selama itu sesuai dengan peraturan yang ada kami juga melihat potensi dan kebutuhan pasar," ujar Yusak.

"Karena saat ini mobil komersial kami terus terang untuk yang segmen penumpang masih lebih kecil dibandingkan komersial untuk kebutuhan logistik," katanya.

"Di Isuzu itu kalau secara kue besar posisi untuk (segmen komersial) penumpang itu masih periskop. Kami lebih fokus pada kendaraan komersial untuk truk dan logistik. Tapi yang penumpang tetap kami pelajari," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com