Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Lagi Siapkan Motor Trail Listrik TY-E

Kompas.com - 01/04/2024, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Yamaha kabarnya tengah membangun sebuah basis motor listrik bernama Yamaha TY-E. Kehadiran motorcross listrik bakal jadi kemajuan di dunia off-road, apalagi motor listrik telah menjadi arus utama bagi produsen besar.

Dilansir dari Ride Apart, Minggu (31/3/2024), pengembangan motor trail listrik dirasa penting karena produsen menyadari manfaat torsi instan, pengoperasian senyap, dan turunnya biaya perawatan.

Namun, tantangan motor listrik adalah membuat respons gas yang serupa dengan motor bensin. Apalagi di jalur offroad, pengendara harus menjaga kinerja motornya melalui putaran gas.

Baca juga: Popularitas Toyota Vios di Bursa Mobil Bekas

Gambar paten motor trail listrik Yamaha TY-EDok. Ride Apart Gambar paten motor trail listrik Yamaha TY-E

Oleh karena itu, perusahaan telah menghadirkan beberapa solusi inovatif untuk memberikan torsi ekstra saat pengendara sangat membutuhkannya.

Dalam kasus Yamaha, trail listrik yang akan datang ini diharapkan punya fitur peredam torsi. Perangkat tersebut akan diintegrasikan ke dalam transmisi sepeda dan terdiri dari sepasang rotor yang dihubungkan dengan pegas.

Rotor-rotor ini akan berputar berlawanan arah satu sama lain, sehingga mengumpulkan banyak energi potensial.

Baca juga: Begini Cara Mobil Penggerak Roda Depan Bisa Kuat Nanjak

Setelah itu, perangkat ini akan memungkinkan pengendara melepaskan kedua rotornya, yang pada gilirannya akan memberikan ledakan tenaga ekstra ke roda belakang. Fitur ini bakal berguna untuk meningkatkan lompatan atau tenaga saat menikung.

Para insinyur Yamaha kabarnya harus menemukan cara untuk mengintegrasikan perangkat tersebut ke dalam kontrol motor dengan cara yang mulus. Kurang lebih caranya akan mirip dengan perangkat holeshot seperti pada mesin MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com