Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Konsumsi BBM Honda Stylo 160 ABS, Mendekati Klaim AHM

Kompas.com - 05/03/2024, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Stylo 160 ABS jadi lini motor baru dari PT Astra Honda Motor (AHM). Pakai mesin 156,9cc eSP+, tenaganya tembus 15,1 TK dan torsi 13,8 Nm, serta konsumsi BBMnya diklaim bisa 45 Km per liter.

Klaim komsumsi BBM dari Honda buat mesin seri 160 ini tergolong baik. Tapi, ini juga yang membuat penasaran, apa bisa motor yang punya tenaga relatif besar ini mencapai klaim tersebut?

Pada pengetesan kali ini, penghitungan dilakukan memakai metode full to full. Artinya, tangki BBM disi sampai penuh, dibawa jalan melewati berbagai kondisi. Setelah berakhir, tangki kemudian diisi lagi sampai penuh dan dihitung selisih konsumsi BBM dan jarak tempuh.

Baca juga: Ulas Fitur Honda Stylo 160 ABS, Fungsional dan Praktis


Selain itu, sebagai perbandingan rata-rata konsumsi BBM Honda Stylo juga akan dipantau dari indikator layar instrumen.

Pada pengujian ini, Stylo dipakai untuk aktivitas harian di Jakarta dan Bogor, menempuh jarak 83,8 Km. Berbagai kondisi jalan cukup mereprenstasikan kondisi yang dihadapi pengendara motor sehari-hari.

Gaya berkendara juga normal, kadang stop and go ketika macet. Pun, ketika harus memutar selongsong gas karena jalan kosong.

Pada pengujian ini, Stylo 160 menghabiskan BBM sebanyak 2,535 liter. Jadi konsumsi BBM-nya terhitung 33 Km per liter (Kpl) dengan metode full to full, sedangkan kalau membandingkan informasi pada instrument cluster, terbaca 44,8 Kpl. Cukup jauh perbedaannya.

Baca juga: PO Putra Jaya Serentak Rilis 4 Unit Sleeper Bus Baru

Honda Stylo 160 ABSKompas.com/Fathan Honda Stylo 160 ABS

Hasil yang jomplang antara informasi pada MID dengan full to full, membuat pengujian dilakukan kembali, untuk kedua kali. Kali ini kami jalan sejauh 62,2 Km, kondisi jalan lebih kurang sama.

Pada pengetesan kedua, Stylo 160 menghabiskan BBM sebanyak 1,488 liter. Maka kalau dihitung, konsumsi BBM dengan metode full to full ada di 41,8 Kpl dan di MID hasilnya 46,8 Kpl, sekarang tidak terlalu jauh selisihnya.

Maka berdasarkan hasil tes, Stylo 160 bisa saja mendapatkan konsumsi BBM yang mendekati klaim Honda. Bahkan jika berkendara dengan gaya yang lebih ekonomis, angka 45 Kpl bisa mudah dilewati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com