Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Hyundai Kona Electric Baru Segera Meluncur

Kompas.com - 22/02/2024, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada lantai pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengenalkan calon mobil listrik terbaru, yaitu Hyundai Kona Electric.

Walau demikian, pabrikan asal Korea Selatan belum mau mengumumkan harga dan kapan Kona Electric generasi kedua ini mulai tersedia di pasaran.

“Kona ini adalah salah satu calon produk baru kami yang akan diluncurkan secepatnya,” ujar Budi Nur Mukmin, Chief Marketing Officer PT Hyundai Motors Indonesia, kepada Kompas.com, Rabu (21/2/2024).

Baca juga: Komentar Pengunjung Setelah Lihat Langsung BYD Atto 3 di IIMS 2024

Hyundai Kona Electric di IIMS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyundai Kona Electric di IIMS 2024

Budi menambahkan, kehadiran Kona Electric terbaru bakal memperluas pangsa pasar mobil listrik Hyundai.

Dan menariknya, Budi mengatakan bahwa mobil ini bakal dijual lebih murah daripada Ioniq 5 yang dibanderol mulai Rp 782 juta (tipe Prime STD Range) sampai Rp 990 juta (tipe Batik).

“Kona ini untuk memperluas jangkauan ke segmen yang belum dijangkau Hyundai. Jadi kami akan menggunakan Kona untuk menjangkau segmen yang lain, segmen di bawahnya Ioniq 5,” ucap Budi.

Baca juga: Kisruh Gorengan Harga Suzuki Jimny 5 Pintu, Begini Regulasi Resminya

Launching secepatnya, kita tunggu saja. Secara timing kami belum bisa ngomong definisi secepatnya. Kalau pas GIIAS, takutnya saya janji berlebihan, pokoknya secepatnya,” kata dia.

Seperti diketahui, Kona Electric merupakan salah satu model pertama dari jajaran mobil listrik Hyundai yang meluncur pada 2020.

Kini model terbarunya sudah meluncur, di mana pada tahap awal telah dikenalkan di pasar Amerika Serikat, yang dijual mulai 32.675 dolar AS atau sekitar Rp 511 jutaan.

Baca juga: Intip Spesifikasi Honda Brio Satya E CVT yang Dipamerkan di IIMS 2024

Hyundai Kona Electric di IIMS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyundai Kona Electric di IIMS 2024

Bicara soal tampilan, generasi baru dari Kona ini tampak lebih sporty dibandingkan generasi sebelumnya.

Lampu depan terlihat lebih besar, dengan tambahan LED yang memanjang seperti yang disematkan pada Hyundai Staria atau Hyundai Stargazer.

Kona terbaru 152 mm lebih panjang dari generasi sebelumnya, sehingga ruang kaki di kursi baris ketiga bertambah 76 mm.

Baca juga: Komentar Pengunjung IIMS 2024 Soal VinFast di Indonesia

Hyundai Kona Electric generasi kedua melantai di IIMS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyundai Kona Electric generasi kedua melantai di IIMS 2024

Masuk ke bagian interior, mobil ini disematkan layar ganda yang meliputi MID dan head unit, masing-masing berukuran 12 inci. Untuk head unit sudah dibekali dengan fitur GPS, Android Auto serta Apple CarPlay nirkabel.

Meskipun berstatus entry-level, Kona hadir dengan sejumlah sistem bantuan pengemudi, termasuk tipe SE yang menjadi trim terendah.

Sistem bantuan pengemudi itu meliputi Highway Driving Assist dan Smart Cruise Control berbasis navigasi dengan Stop and Go.

Baca juga: PO Juragan 99 Trans Rilis Dua Sleeper Bus Double Decker

Intip interior Hyundai Kona Electric generasi kedua.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Intip interior Hyundai Kona Electric generasi kedua.

Fitur-fitur tersebut juga dilengkapi dengan Forward Collision-Avoidance Assist, Rear Cross-Traffic Collision Avoidance-Assist, dan Blind-Spot Collision Warning.

Fitur keselamatan lainnya termasuk High Beam Assist, Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Safe Exit Warning, dan Rear Occupant Alert.

Soal tenaga penggerak, Kona generasi anyar ini mendapat dua pilihan baterai. Pertama ada baterai berkapasitas 48,6 kWh yang menghasilkan tenaga 133 Tk dan torsi 255 Nm. Baterai tersebut mampu memberikan jarak tempuh 322 Km serta kecepatan tertinggi 163 Kpj.

Kemudian pilihan baterai yang kedua, yakni berkapasitas 64,8 kWh yang menghasilkan jarak tempuh hingga 420 Km. Tenaga yang dihasilkan juga lebih besar yakni 201 Tk dan torsi 255 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com