Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang Imlek, 27.000 Kendaraan Tinggalkan Jawa Menuju Sumatera

Kompas.com - 11/02/2024, 14:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama libur panjang Tahun Baru Imlek dan Peringatan Isra Mi'raj yang bertepatan dengan libur akhir pekan, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat puluhan ribu kendaraan tinggalkan pulau Jawa menuju ke Sumatera melalui pelabuhan Merak sejak Rabu (7/2) kemarin.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin, mengatakan, sejauh ini arus lalu lintas penyeberangan terpantau lancar di pelabuhan utama ASDP.

"Data kami mencatat setidaknya lebih dari 100.000 orang dan 27.000 kendaraan menyeberang dari Jawa ke Sumatera sejak Rabu hingga Sabtu pagi ini. Meskipun demikian, lalu lintas masih terpantau lancar dan kondisi pelabuhan terpantau lengang," ujar Shelvy, dalam keterangan tertulis (10/2/2024).

Baca juga: Memodifikasi Lampu Mobil Sama Dengan Gagal Paham Keselamatan

Pemudik mulai berdatangan di Pelabuhan Bakauheni, Jumat (23/12/2022).KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA Pemudik mulai berdatangan di Pelabuhan Bakauheni, Jumat (23/12/2022).

Sementara itu, General Manager ASDP Merak Suharto mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang menyeberang selama momen libur panjang Tahun Baru Imlek 2024, ASDP siap menghadirkan layanan penyeberangan prima kepada pengguna jasa.

Adapun pihak BPTD selaku regulator memastikan jadwal operasional 32 unit kapal yang melayani lintasan Merak-Bakauheni per 24 jam, dengan total perjalanan mencapai 108 kali per hari atau naik 7 persen dari tahun lalu pada periode yang sama.

“Dilihat secara umum, pada puncak arus momen Imlek tahun ini yang jatuh pada Rabu (7/2/2024) terjadi peningkatan volume produksi pada seluruh jenis kendaraan dibandingkan realisasi produksi pada periode yang sama tahun lalu,” ucap Suharto.

Baca juga: Bus Baru PO Pandawa 87, Pakai Jetbus 5 MD yang Nyaman

Tercatat lonjakan paling signifikan jumlah kendaraan menyeberang saat puncak arus terjadi pada golongan roda dua sebesar 357 persen atau sebanyak 2.215 unit kendaraan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun pertumbuhan signifikan lainnya terjadi pada golongan kendaraan roda empat yang mencapai 4.717 unit kendaraan atau meningkat sebesar 112 persen.

Sementara bus mengalami peningkatan sebesar 17 persen atau sebanyak 246 unit dan truk, atau kendaraan lebih dari empat roda meningkat 41 persen atau sebanyak 8.186 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com