Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutinitas buat Jaga Performa Mesin Skutik, Bukan Cuma Ganti Oli

Kompas.com - 08/02/2024, 12:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter matik (skutik) merupakan motor yang sangat praktis buat digunakan. Cuma sebagai pengguna, jangan lupa buat melakukan perawatan secara rutin biar performa tetap terjaga.

Perawatan paling sederhana adalah dengan rutin ganti oli. Kalau motornya sering digunakan, ganti oli dua bulan sekali masih ideal, sedangkan kalau jarang, bisa enam bulan sekali.

Baca juga: Jelang Peluncuran di IIMS 2024, VinFast Sudah Siapkan 21 Diler

Perawatan skutik biar performa terjagaMASTER Perawatan skutik biar performa terjaga

Tapi buat menjaga performa tetap terjaga dengan baik, bagian internal mesin jangan lupa buat dirawat. Komponen yang ada di dalam mesin ini memang sulit buat dilihat kondisinya, tapi kalau sudah rusak, pasti langsung terasa akibatnya.

Dhany Ekasaputra selaku Manager Promosi PT Autochem Industry mengatakan, untuk menjaga performa, perlu ada ritual tambahan agar kinerja mesin tetap terjaga.

Dhany bilang, komponen internal perlu dibersihkan dari residu yang tersisa. Makanya perlu ada tambahan ritual seperti engine flush yang membersihkan mesin.

Baca juga: Daftar Harga Oli Mesin Mobil per Februari 2024, Ada Penurunan Harga

"Memang butuh perlakuan khusus untuk melakukan perawatan internal mesin. Penggunaan engine flush setiap dua sampa tiga kali penggantian oli mesin menjadi solusi terbaik," kata Dhany, Kamis (8/2/2024).

Engine flush dengan cairan Master Oil System Cleaner dilakukan dengan cara memasukan cairan ke ruang mesin sebelum ganti oli. Setelah itu, nyalakan mesin selama 15 menit biar melindungi dindung silinder dari baret.

Setelah bersih, komponen mesin bisa dilapis ulang dengan Master Metal Treatment. Logam antar komponen bergerak dibuat lebih licin lagi dengan Nano Ceramic Technology.  

Perawatan skutik biar performa terjagaMASTER Perawatan skutik biar performa terjaga

Setelah itu, bisa gunakan Master Petrol Injector Cleaner yang membersihkan seluruh sistem bahan bakar kendaraan mulai dari tangki, pompa, pipa maupun selang, hingga injektor ataupun karburator dan ruang bakar. 

Tujuannya mengembalikan performa kendaraan, memperbaiki konsumsi bahan bakar, dan membantu menghilangkan kandungan air pada tangki BBM.

"Paket ini kami menyebutnya “Liquid Tune-Up”, karena berbentuk cairan dimana fungsi Master Oil System Cleaner dan Petrol Injector sebagai pengembali performa mesin seperti kondisi baru. Sedangkan Master Metal Treatment berperan sebagai peningkat performa mesin yang berimbas pada akselerasi yang lebih baik dan cenderung lebih irit BBM,” kata Dhany.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com