Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

23 Merek Mobil di IIMS 2024, BYD dan VinFast Ikut, Neta dan Esemka Absen

Kompas.com - 07/02/2024, 14:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif perdana di 2024 yakni Indonesia International Motor Show (IIMS) diprediksi berjalan meriah. Hal ini dikuatkan pula dengan banyaknya merek dan ATPM yang akan menjadi eksibitor.

Untuk kategori kendaraan roda empat alias mobil, sebanyak 23 merek dipastikan bakal menghiasi lantai pameran IIMS 2024, yang diselenggarakan di JIEXPO Kemayoran tanggal 15-25 Februari 2024.

Angka tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan ajang IIMS 2023 lalu, yang saat itu eksibitor mobil berjumlah 18 merek.

Rudy MF, Project Manager IIMS 2024 menjelaskan, kemeriahan IIMS tahun ini juga semakin santer dengan datangnya beberapa pabrikan ternama baru di pasar otomotif Indonesia, seperti Vinfast dan BYD.

Baca juga: 30 Pabrikan Motor Bakal Ramaikan IIMS 2024, Ini Daftarnya

BYD Atto 3Foto: BYD BYD Atto 3

“Kami selaku penyelenggara punya banyak kabar baik, yaitu dari jumlah brand participant meningkat dibandingkan tahun lalu. Untuk mobil kita sudah tahu jika banyak brand baru seperti BYD, Vinfast, dan lainnya,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com di Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Selain kedatangan merek-merek baru, ada pula situasi menarik di mana beberapa pabrikan ternama justru tidak hadir, beberapa di antaranya adalah Neta dan Esemka.

Rudy menjelaskan, pihak Dyandra Promosindo selaku promotor IIMS 2024 selalu melakukan koordinasi dengan semua merek di pasar otomotif Indonesia.

Baca juga: Coba Cek Ini jika Pedal Rem Mobil Terasa Keras Saat Dioperasikan

pikap listrik VinFast VF Wild vinfastauto.us pikap listrik VinFast VF Wild

Terkait proses pendaftaran eksibitor, Rudy mengakui memang ada beberapa kendala seperti keterbatasan tempat pameran dan tahapan-tahapan lainnya.

“Kami (Dyandra) selaku promotor memang menawarkan kepada semua merek untuk menjadi eksibitor, tapi ada kendala keterbatasan ruang, yang masih belum cukup untuk beberapa merek,” ujarnya.

Sebagai referensi, berikut 23 merek mobil dan ATPM yang menjadi eksibitor IIMS 2024 :

- Audi
- BYD
- BMW
- Chery
- Citroen
- Daihatsu
- Honda
- Hyundai
- Jaguar
- Land Rover
- Kia
- Morris Garage (MG)
- Mini
- Mitsubishi
- Nissan
- Prestige
- Seres
- Subaru
- Suzuki
- Toyota
- Vinfast
- Volkswagen (VW)
- Wuling

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com