Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Sistem 8 In 1 di Motor Listrik BYD Atto3 dan Dolphin

Kompas.com - 01/02/2024, 17:51 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik Build Your Dreams (BYD) saat ini menggunakan platfrom yang dikembangkan bernama e-platfrom 3.0, yang mana pada platfrom ini menggunakan motor terintegrasi.

Untuk BYD Atto 3 dan Dolphin terdapat delapan komponen yang menjadi kesatuan di motor listrik. Keunggulannya dengan sistem ini motor listrik lebih ringan 15 persen dan suara yang dihasilkan lebih rendah 20 persen.

Baca juga: Update Harga Oli Skutik di Februari 2024, Castrol dan Shell Naik

BYD akan memasuki pasar mobil listrik di Indonesia tahun depan. Perusahaan mengklaim punya keunggulan teknologi dibanding rival lain asal China.Foto: BYD BYD akan memasuki pasar mobil listrik di Indonesia tahun depan. Perusahaan mengklaim punya keunggulan teknologi dibanding rival lain asal China.

Delapan komponen tersebut terdiri motor listrik, Motor Controller, Battery Management System, DC-DC Converter, Vehicle Control Unit, On Board Charger, Power Distribution Unit dan juga Reducer.

Motor listrik alias dinamo ini bisa suplai tenaga sampai 150 kW/201 dk dan torsi 310 Nm. Tenaga yang dihasilkan dinamo alias motor listrik diolah oleh motor controller yang memberi sinyal dari pengemudi ke motor listriknya.

Kemudian yang menarik ialah DC-DC Converter, di mana komponen ini mengubah arus listrik bervoltase besar dari baterai ke sistem kelistrikan mobil yang menggunakan sistem 12 volt.

Baca juga: Bahas Teknologi Hybrid pada Mitsubishi Xpander HEV

BYD Dolphindok.BYD Indonesia BYD Dolphin

Bobby Bharata, Kepala Produk PT BYD Motor Indonesia, dengan sistem motor yang terintegrasi tersebut BYD bisa mengurangi bobot dan juga ruang di balik kap motor berkurang 10 persen.

Adapun reducer seperti gardan pada mobil berbahan bakar minyak bumi (ICE). Tujuannya yaitu menyelaraskan tenaga yang dihasilkan motor listrik saat dialirkan ke roda penggerak.

"Reducer semacam kalau di mobil bensin itu intinya, motor dapat daya besar dan pelru didistribusikan, jadi fungsinya seperti gardan mendistribusikan dayanya ke roda, atau dia mau mundur juga begitu," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com