Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Balap Mobil Ini Siap Go International

Kompas.com - 29/01/2024, 09:40 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki 2024, BRM Motorsport Touring Car Division (BRM TCD) memutuskan untuk bergabung bersama tim Tufflift Racing Australia dan berkompetisi di ajang kejuaraan TCR Australia.

Keputusan ini diambil setelah tawaran yang diajukan oleh Tufflift Racing yang merupakan salah satu tim Audi di Australia kepada Glenn Nirwan sebagai pebalap dari BRM TCD untuk bergabung.

Garindra, Team Principal BRM TCD, mengatakan, menjelang akhir season 2023, pihak Tufflift Racing menghubunginya perihal tawaran kepada Glenn untuk bergabung dengan tim mereka.

Baca juga: Honda Civic Type R FL5 TCR Jadi Penantang Baru di Ajang ISSOM 2023

Touring Car Race (TCR) Australia ajak gabung tim asal IndonesiaIST Touring Car Race (TCR) Australia ajak gabung tim asal Indonesia

“Setelah melalui proses negosiasi, Glenn menyatakan siap untuk bergabung dengan syarat seluruh tim BRM TCD bisa tergabung dalam komposisinya,” jelas Garindra dalam siaran resmi, Senin (29/1/2024).

Glenn Nirwan merupakan Juara Nasional Indonesia Touring Car Race (ITCR) 3600 Max. Glenn akan disandingkan dengan Zac Soutar, Juara Formula Ford Australia, dan pebalap reguler dari TCR Australia.

Glenn sendiri menyampaikan bahwa meskipun akan berlaga di Australia, dia tidak akan begitu saja meninggalkan dunia motorsport di Indonesia. Dia akan tetap mengusahakan ikut kejuaraan di Indonesia, meskipun mungkin tidak full series.

Baca juga: Spesifikasi Hyundai Elantra N TCR, Penantang Baru ISSOM ITCR 3600

“Mobil Audi RS3 LMS TCR yang di Indonesia tetap akan kita siapkan untuk kejuaraan di Indonesia. Sementara untuk di Australia, kita akan menggunakan unit mobil berbeda dengan tipe yang sama. Selama jadwal balapnya tidak tabrakan,” ujarnya.

Selain untuk mengasah skill lebih jauh lagi, Glenn mengatakan tujuan ikut di TCR Australia juga agar BRM TCD bisa membawa nama Indonesia di ajang motorsport dunia.

“Jadi kami bisa campaign tentang TCR Indonesia, menunjukkan bahwa di Indonesia juga ada kejuaran TCR. Harapannya, kedepan nanti bisa terjalin kerja sama antara 2 seri ini,” ungkap Glenn.

Baca juga: Hyundai Elantra N TCR Ramaikan ISSOM 2023


Komposisi tim BRM TCD sendiri tidak akan mengalami perubahan, Toto Rianto akan berperan sebagai Head Mechanic, sedangkan Rueben Wong asal Malaysia sebagai Engineer.

“Menurut kami, ini merupakan komposisi terbaik menimbang chemistry yang terjalin sudah sangat baik. Bisa dibilang ini juga salah satu bentuk kerja sama Indonesia-Malaysia,” kata Garindra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com