Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Tangki Oli Truk Sedang Disuapi Pisang

Kompas.com - 17/01/2024, 17:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral video seorang seseorang sedang melakukan hal tidak biasa, yakni memasukan beberapa buah pisang ke dalam tangki oli truk. Video tersebut diunggah oleh akun Instagram milik @ahmad_subechi, hanya saja belum diketahui lokasi dan kapan kejadia itu berlangsung. 

Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jateng-DIY Bambang Widjanarko mengatakan, pada video tersebut orang tersebut sedang berbuat curang untuk mengentalkan oli. 

"Orang di video itu sedang berusaha mengentalkan oli saja. Dia mencampur oli dengan pisang maksudnya agar kekentalan tercapai. Biasanya yang melakukan adalah pemilik truk yang gagal bayar kredit dan truk nya mau ditarik oleh lising atau mau dijual, " kata Bambang kepada Kompas.com, Rabu (17/1/2024). 

Baca juga: PO Pandawa 87 Rilis Sleeper Bus Baru, Punya 22 Kamar

Bambang menjelaskan, alasan orang pada video tersebut memasukan pisang ke tangki oli agar tidak perlu beli oli baru untuk mengisi oli gardan.

Sebab, biaya mengganti oli gardan truk biasanya akan mulai dari kisaran Rp 500.000.  Maka dari itu, cara tersebut merupakan akal bulus dari pemilik truk. 

"Intinya perbuatan jahil.  Jangan ditiru," kata Bambang. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Achmad Subechi (@achmad_subechi)

Baca juga: Merek Asal Jepang Ini Jadi Kaca Film OEM Mobil Listrik di Indonesia

Bambang juga menjelaskan, memasukan pisang ke dalam tangki oli truk tidak hanya mengelabui orang lain, namun juga bisa membawa dampak buruk pada peforma kendaraan. Kesehatan truk akan terganggu dan kedepannya akan menjadi rusak. 

"Jelas akan rusak setelah itu, karena hanya mengelabuhi sesaat saja," kata Bambang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com