Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Pamer AE86 BEV Concept di Tokyo Auto Salon 2024

Kompas.com - 13/01/2024, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pameran otomotif Tokyo Auto Salon 2024, Toyota juga menghadirkan kendaraan elektrifikasinya. Salah satunya adalah mobil listrik konsep yang diberi nama AE86 BEV Concept.

Dikutip dari Global.toyota, Sabtu (13/1/2024), Toyota bertujuan untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada para konsumennya dengan menawarkan jajaran produk yang lengkap untuk mencapai netralitas karbon.

Baca juga: PO Tunggal Jaya Luncurkan Bus Pakai Livery AE86 Initial D

Diperlukan waktu sebelum semua mobil baru dapat menjadi netral karbon. Untuk itu, Toyota juga mempromosikan bahwa netralitas karbon bisa dicapai dengan menggunakan mobil yang sudah beredar di masyarakat.

Toyota AE86 EV Concept bermesin listrikDok. Motor1.com Toyota AE86 EV Concept bermesin listrik

Untuk mobil konversi, Toyota menghadirkan AE86 BEV Concept. Bodi yang digunakan dari Levin dengan lampu depan model standar.

Dapur pacunya diganti dengan motor listrik yang sumber tenaganya berasal dari baterai. Sayangnya, tidak disebutkan berapa daya yang dihasilkan dan kapasitas baterai yang digunakan.

Baca juga: Lelang Mobil Drift, Toyota Corolla AE86 Dibanderol Mulai Rp 49 juta

Namun, disebutkan bahwa motor listriknya diambil dari Tundra Hybrid, baterai pak dari Prius PHEV, dan komponen lainnya diambil dari model Toyota dan Lexus. Uniknya, Toyota tetap mempertahankan sistem transmisi manual. Selain itu, keseimbangan bobotnya juga turut dipertahankan seperti aslinya.

Toyota AE86 BEV ConceptDok. Toyota Toyota AE86 BEV Concept

Mobil konsep ini telah berevolusi selama setahun terakhir dan akan melawan AE86 Super Mame-go milik pebalap drifting Keiichi Tsuchiya dalam pertarungan gymkhana di lokasi outdoor pameran.

Meski berstatus mobil konsep, tapi AE86 BEV Concept ini legal untuk digunakan di jalan raya. Bahkan, Kinto dengan program Vintage Club by Kinto rencananya akan menyediakan mobil tersebut untuk disewakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com