Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Kenyamanan, Pengendara Ojek Online Sering Modifikasi Jok

Kompas.com - 10/01/2024, 12:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi motor biasanya dilakukan konsumen yang menggandrungi variasi dan menginginkan tampilan berbeda untuk kendaraan pribadinya. Umumnya, hobi ini dilakukan oleh kalangan berusia remaja, tapi tren usia nampaknya bergeser di 2024.

Terbaru, sopir-sopir ojek online (Ojol) disebut cukup sering melakukan modifikasi motor. Variasinya juga cukup beragam, mulai dari ubahan besar pada sektor mesin, sampai yang ringkas seperti tampilan jok atau motif pada bodi.

Bachtiar Effendi, Pemilik Bengkel spesialis jok motor One Jock menjelaskan, sopir ojol bahkan tergolong cukup royal saat melakukan modifikasi.

“Orderan paling sering itu biasanya dari ojol. Nah, kalau ojol yang pesan biasanya cuma dua model, antara simpel banget atau nyentrik banget,” ucapnya saat dijumpai Kompas.com di Jakarta, Selasa (8/1/2024).

Baca juga: Mau Pasang Casan Nirkabel di Mobil, Biaya Rp 1,5 Juta

Salah satu model jok modifikasi untuk Yamaha NMAX dan XMAX.modifika_nmax Salah satu model jok modifikasi untuk Yamaha NMAX dan XMAX.

Modifikasi jok motor simpel biasanya hanya sebatas mengganti material kulit atau menambah ketebalan busa saja, dengan estimasi biaya rendah mulai dari Rp 60.000 dan maksimal Rp 250.000.

Tapi untuk modifikasi nyetrik, keseluruhan bentuk jok motor akan diubah, bahkan bisa menyerupai kursi sofa dengan ornamen dan komponen khusus. Biaya jasanya langsung melonjak hingga menembus Rp 2,5 juta.

“Yang pesan banyak, sering juga. Biasanya mereka (sopir ojol) sudah ada gambaran mau model apa, terus dibahas soal biaya. Kalau sudah fix, langsung dikerjakan,” kata Bachtiar.

Bachtiar menyebut pengendara ojol cukup royal karena sebagian besar tidak melakukan negosiasi atau meminta diskon harga.

Baca juga: Alasan Luca Marini Mau Pindah ke Honda Menggantikan Marc Marquez

Salah satu model jok modifikasi untuk Yamaha NMAX dan XMAX.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu model jok modifikasi untuk Yamaha NMAX dan XMAX.

“Jarang ada yang nego, kalau maunya sudah ketahuan langsung pesan saja,” kata pria yang sudah hampir 20 tahun menekuni jasa pembuatan jok motor itu.

Dia menambahkan, sebagian besar sopir ojol yang mendatangi bengkelnya menerima informasi lewat perantara mulut ke mulut. Biasanya pelanggan lain datang karena menerima rekomendasi dari pelanggan terdahulu.

Untuk pengerjaan modifikasi jok motor nyentrik dan rumit, Bachtiar mengaku butuh waktu selama 5 sampai 10 hari, tergantung kondisi bengkel.

“Kalau terlalu ramai, biasanya bakal lebih lama. Saya tidak nolak, tapi konsumen sendiri yang menentukan jadi atau enggaknya,” kata Bachtiar.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com