Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Baru Tidak Butuh Ganti Oli Kompresor AC secara Rutin

Kompas.com - 09/01/2024, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Salah satu elemen pendukung sistem air conditioner (AC) pada mobil adalah oli kompresor. Sistem AC membutuhkan pelumasan pada perangkat kompresor agar dapat bekerja optimal.

Selain sebagai perapat, oli kompresor juga ikut mengalir bersama freon di seluruh saluran AC. Maka dari itu, kualitasnya wajib dijaga selalu dalam kondisi bersih agar tidak menyumbat.

Namun, faktanya mobil baru tidak dijadwalkan untuk melakukan penggantian oli kompresor. Informasi ini Kompas.com dapat dari beberapa buku panduan pemilik mobil, bahwa pada bagian pemeriksaan sistem pendingin tidak tertulis oli kompresor AC wajib diganti.

Baca juga: Aroma Makanan Ini Bikin AC Mobil Cepat Rusak

Ilustrasi cek AC mobilKOMPAS.com/ SELMA AULIA Ilustrasi cek AC mobil

Tertulis sampai jarak tempuh kelipatan 100.000 km hanya dilakukan pemeriksaan jumlah refrigerant dan penggantian filter kabin tiap 20.000 km.

Hasan Ariyanto, Pemilik Auto Mandiri Klaten, mengatakan, penggantian oli kompresor AC secara rutin maksudnya sebagai langkah antisipasi, tapi sebenarnya belum dibutuhkan oleh mobil baru.

“Sejak saya menjadi mekanik di bengkel resmi, tidak pernah diajarkan atau mengetahui ada jadwal penggantian oli kompresor rutin, misal tiap 20.000 km dan seterusnya, karena memang mobil baru saya pikir belum membutuhkannya,” ucap Hasan kepada Kompas.com, Sabtu (6/1/2024).

Hasan mengatakan, penambahan oli kompresor mungkin dibutuhkan ketika proses perawatan AC yang membutuhkan menambahkan freon. Namun, secara khusus oli kompresor tidak perlu diganti.

Baca juga: Manfaat AC Mobil Saat Kondisi Hujan

Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.KOMPAS.com/Gilang Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.

“Alasan oli kompresor diganti, sebenarnya kan terkait kualitasnya sudah kotor akibat serbuk sisa gesekan piston di dalam kompresor, tapi selama kualitasnya masih bagus kan tidak diganti tidak masalah,” ucap Hasan.

Namun, penggantian oli kompresor mungkin memang dibutuhkan untuk mobil-mobil yang sudah memiliki jam operasional tinggi.

“Karena seiring pemakaian, maka peluang terjadi penurunan kualitas oli kompresor itu ada, terlebih lagi untuk kompresor yang sudah berusia maka peluang terjadi keausannya lebih tinggi, maka dari itu butuh ganti secara rutin,” ucap Hasan.

Baca juga: Kondisi AC Mobil Harus Off Sebelum Mematikan Mesin?


Kendati demikian, Hasan tetap berpendapat bahwa mobil baru belum membutuhkan penggantian oli kompresor secara rutin, kecuali memang dibutuhkan.

“Misal harus dilakukan penggantian freon saat proses perawatan, mengganti komponen, maka sebelum mengisi freon, oli kompresor perlu diganti sekalian,” ucap Hasan.

Jadi, oli kompresor AC pada mobil baru menurut Hasan tidak dibutuhkan karena peluang penurunan kualitasnya masih rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com