Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Identifikasi Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Jalan

Kompas.com - 30/12/2023, 10:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat merawat mobil, pemilik harus memahami jika ada istilah kerusakan situasional. Sesuai namanya, kendala semacam ini biasanya tidak bisa diprediksi kemunculannya.

Berbeda dengan kerusakan lain yang bisa diprediksi, seperti waktu mengganti oli, kampas rem, atau bahkan ban, kerusakan situasional menimpa beberapa komponen tanpa usia pakai jelas.

Satu tanda kerusakan situasional yang bisa dirasakan adalah setir mobil bergetar tidak normal, baik ketika dalam posisi dikendarai ataupun langsam.

Noval Al-Hudah, Mekanik Senior Mitsubishi Prabu Pendawa Motor, Menjelaskan, situasi semacam ini biasanya disebabkan oleh adanya kerusakan komponen tie rod di area kaki-kaki mobil.

Baca juga: Jelang Liburan Akhir Tahun, Mobil Jenis MPV Laris Disewa

Mekanik bengkel resmi Toyota sedang melakukan pergantian komponen tie rodNasmoco Mekanik bengkel resmi Toyota sedang melakukan pergantian komponen tie rod

“Penyebabnya setingan tie rod oblak, ini termasuknya berbahaya. Nantinya setir terasa bergetar. Ada bunyi entakkan keras dan sering juga,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (29/12/2023).

Kendala semacam ini dinilai cukup membahayakan karena akan sangat mempengaruhi kendali kemudi mobil. Selain itu, baik mobil tua ataupun lansiran tahun muda bisa mengalami kerusakan ini.

Tie rod oblak biasanya disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari perawatan kaki-kaki kurang, usia mobil relatif tua, atau sering menghantam jalanan tidak rata dan pengendara ceroboh.

“Kalau nyetirnya asal-asalan dan ibaratnya sering terabas sana-sini, sangat bisa terkena kerusakan ini,” kata Noval.

Baca juga: Apakah Motor Listrik Honda EM1 e: Bisa Menerobos Banjir?

Tie rod rusak bisa menyebabkan stir bergetar Dicky Aditya Wijaya Tie rod rusak bisa menyebabkan stir bergetar

Jika kerusakan ini tidak segera ditangani, tie rod yang semula hanya oblak lambat laun akan copot. Akibatnya fatal, karena kontrol kemudi pada sebagian roda otomatis hilang.

Noval menganjurkan pengendara untuk segera memeriksakan mobil ke bengkel resmi jika sudah menjumpai kendala setir bergetar. Karena kaitannya dengan keselamatan, langkah ini sebaiknya tidak ditunda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com