Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cijago Sudah Tersambung, Antisipasi Pengemudi Anti-Kebablasan

Kompas.com - 24/12/2023, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruas Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) sudah tersambung sepenuhnya dan mulai dibuka pada Jumat (22/12/2023).

Namun, pada hari kedua Sabtu (23/12/2023), faktanya masih banyak pengendara yang kebablasan, seharusnya keluar di pintu tol Depok-Antasari, tapi jadi lurus ke arah Cinere.

Seperti video yang diunggah oleh akun Instagram @infodepok_id. Dalam tayangan tersebut, terlihat sejumlah mobil yang bergerak mundur lantaran tidak menyadari bahwa pintu keluar Depok-Antasari bukan lagi ujung dari tol Cijago. Barrier atau pembatas yang tadinya menutup Cijago Seksi 3B sudah dibuka.

Baca juga: Program Beli Mobil Listrik Bisa Dapat Mobil Hybrid

“Pada salah masuk jalur tol bandara baru min, banyak yang kagok bablas,” tulis narasi dalam video tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Depok (@infodepok_id)

Tim redaksi Kompas.com sebelumnya sudah melakukan pengujian melalui tol Cijago, bagi pengendara yang ingin keluar tol Depok-Antasari bisa mulai memperlambat laju kendaraan pada Km 38, sembari berpindah ke lajur kiri secara perlahan.

Upaya ini guna mengantisipasi agar pengendara tidak terlewat pecahan jalan pintu keluar Tol Depok-Antasari yang berada di Km 39.

Untuk diketahui, ruas tol Cijago sudah tersambung seluruhnya. Tol Cijago Seksi 3B sudah tersambung dengan ruas Tol Serpong-Cinere (Seksi 2 Pamulang-Cinere).

Sehingga, pengendara yang dari arah Depok, Bogor dan Cibubur, bisa langsung menuju Pamulang, Serpong, bahkan Bandara Soekarno Hatta.

Baca juga: Toyota Kawal Perjalanan Liburan Konsumen yang Gunakan BEV dan PHEV

Namun, mengingat tol Cijago Seksi 3B baru saja dibuka, rute perjalanan tersebut belum ada di peta digital seperti Google Maps. Sehingga bagi masyarakat yang berkendara dari arah Bogor atau Cibubur menuju Bandara Soekarno Hatta, akan langsung diarahkan oleh peta digital melalui Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com