Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Motor China Ikutan WorldSBK, Siap Tantang Ducati Panigale V2

Kompas.com - 21/12/2023, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang musim 2024, peserta World Super Sport atau WorldSSP di kompetisi World Superbike sudah diumumkan. Terdapat 32 pebalap dan ada satu yang menarik, pakai motor dari China.

Dikutip dari Visordown, QJ Motor akan mengikuti WorldSSP musim 2024 dengan tim QJ Motor Factory Racing dan pebalap Raffaele De Rosa asal Italia. Motor yang digunakan adalah QJ GSR 800 yang meluncur di EICMA 2023.

QJ Motor mulai eksis saat 2022 mensponsori Reale Avintia Moto3. Apalagi di Eropa, QJ mulai mengisi lini produk di segmen motor mesin kecil sampai menengah, bersaing dengan CFMoto.

Baca juga: Bahas Ducati Multistrada V4 RS, Motor Touring Rasa Superbike

QJ Motor QJ GSR 800 yang akan mengikuti WorldSSP 2024VISORDOWN.com QJ Motor QJ GSR 800 yang akan mengikuti WorldSSP 2024

Bicara soal motor yang akan dipakai yakni QJ GSR 800, sebenarnya memakai basis mesin dari Honda CBR650R. Cuma bedanya stroke sudah diperpanjang, dan memakai sasis yang dirancang ulang.

Memang, Honda sendiri juga sudah hadir di WorldSSP 2023 pakai CBR600RR yang menghasilkan tenaga 119 TK. Cuma, kalau lihat basis QJ GSR 800 yang pakai mesin CBR650R rasanya agak berat.

QJ membuat mesinnya jadi 798cc dan memiliki tenaga 102 TK. Sebagai referensi, Yamaha R6 yang dipakai di WorldSSP, spesifikasi standarnya saja sudah punya tenaga 117 TK.

Baca juga: Imbas Skandal Keselamatan, Daihatsu Setop Distribusi Semua Mobilnya di Dunia


Memang, setiap pabrikan punya tenaga yang berbeda, apalagi kalau spesifikasi balap. Cuma estimasinya setiap motor punya tenaga antara 140 TK sampai 150 TK, karena Ducati Panigale V2 saja harus dikurangi tenaganya dari 155 TK.

Jadi bisa dibilang divisi balap QJ Motor punya pekerjaan yang sangat berat agar bisa kompetitif di kompetisi. Selain itu, QJ Motor tidak ikut semua balapan di WorldSSP, tapi masuk ke Supersport Challenge.

Artinya, QJ Motor cuma akan balapan di seri yang ada di Eropa, tidak ikut dari Phillip Island di Australia. Jadi kalau mau melihat aksi QJ Motor, baru di Catalunya, Barselona pada 22-24 Maret 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com