Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mengemudikan Mobil Saat Jalan Macet Selama Libur Nataru

Kompas.com - 21/12/2023, 11:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) bersama teman dan keluarga menjadi momen istimewa. Untuk itu, perlu persiapan yang matang agar perjalanan menjadi lancar.

Salah satunya ketika pengemudi dihadapkan dengan kondisi jalan yang macet, karena tidak bisa dipungkiri biasanya di momen seperti ini lalu lintas selalu padat. 

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting memberikan empat tips mengendarai mobil dalam kondisi macet saat liburan.

Baca juga: Bepergian Saat Libur Nataru, Pastikan Obat-obatan Ini Ada di Mobil

Kemacetan yang terjadi di Jalan TB Simatupang arah Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2023). KOMPAS.com/Dzaky Nurcahyo Kemacetan yang terjadi di Jalan TB Simatupang arah Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2023).

1. Mobil dalam keadaan sehat

Sebelum melakukan perjalan liburan Nataru, pemilik mobil sebaiknya sudah memastikan kondisi, mengingat situasi lalu lintas yang lebih padat dari hari biasanya.

“Pastikan sebelum liburan mobil diservis dan dipastikan mobil dalam kondisi layak dioperasikan. Karena ada kemungkinan akan mengalami kemacetan berkepanjangan, sehingga kondisi mesin harus prima,” ujar Roslianna kepada Kompas.com, Rabu (20/12/2023).

Situasi arus lalu lintas di ruas Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (24/4/2023) siangKOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas di ruas Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (24/4/2023) siang

 

2. Jaga jarak aman

Mengingat kemacetan yang umum terjadi ketika musim liburan, diimbau bagi para pengemudi untuk menjaga jarak aman dengan mobil depan dan agar tidak terjadi tabrakan atau senggolan yang biasa terjadi ketika lalu lintas ramai.

“Tetap jaga jarak aman, dengan memastikan bumper belakang mobil di depan kita masih terlihat,” ucap Roslianna.

Baca juga: Cara Komunitas Avanza-Xenia Dukung Pengurangan Emisi Karbon

3. Pastikan mobil tidak mengalami overheat

Agar mobil tidak overheat, ketika situasi macet dan tidak memungkinkan mobil untuk bergerak, sebaiknya matikan mesin.

“Untuk menghindari overheat bila macet berkepanjangan, perlu untuk memastikan kendaraan atau tidak membiarkan mesin mobil hidup terus menerus tanpa ada pergerakan kendaraan,” ucap Roslianna.

4. Manfaat aplikasi peta digital dan navigasi untuk membantu perjalanan

Roslianna mengatakan, untuk memudahkan perjalanan manfaatkan aplikasi peta digital dan navigasi yang dapat memberikan informasi lalu lintas secara real-time dan membantu mencari rute tercepat.

“Gunakan aplikasi GPS untuk memilih jalur yang lebih lancar sehingga tidak terjebak macet berkepanjangan,” ujar Roslianna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com