Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Tiga Fasilitas Unik yang Tersedia Pada Bus AKAP Sepanjang 2023

Kompas.com - 21/12/2023, 09:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan bisnis dari perusahaan otobus (PO) di Indonesia dalam pelayanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) saat ini kian ketat.

Bahkan, desain bus kini hadir lebih beragam dengan berbagai fasilitas baru untuk penunjang kenyamanan penumpang.

Sepanjang 2023 beberapa PO telah meluncurkan bus AKAP baru dengan beragam fasilitas unik yang menjadi ciri khas layanan masing-masing.

Berikut Kompas.com rangkung fasilitas unik pada bus AKAP di 2023 :

1. Bentuk Kisi-Kisi AC Bus Memanjang Menyerupai Mobil Penumpang

Kisi-kisi AC bodi Jetbus 5KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Kisi-kisi AC bodi Jetbus 5

Salah satu fasilitas baru pada sejumlah bus baru keluaran 2023 adalah model louver atau kisi-kisi AC kabin yang menyerupai kisi-kisi AC mobil penumpang. Biasanya, desain kisi-kisi AC kabin bus yang terletak di atas kepala penumpang hadir dengan bentuk bulat, namun kini hadir dengan bentuk memanjang.

Desain seperti ini mulai diterapkan oleh bus AKAP yang menggunakan bodi Jetbus 5 dari Karoseri Adiputro. Bodi bus Tourista dan Legacy terbaru buatan Karoseri Laksana yang meluncur di GIIAS 2023 juga menggunakan model kisi-kisi AC seperti ini.

Adapun desain louver AC seperti ini punya keunggulan arah angin yang lebih rapih ke penumpang di bawahnya, sehingga penumpang yang ada di bangku belakang atau depan tidak akan kedinginan jika tidak ingin pakai AC. 

Baca juga: Mudik Jakarta-Yogyakarta Pakai Toyota Calya, Ini Estimasi Biayanya

2. Sleeper bus menyerupai kamar pribadi

Sleeper bus baru milik PO MtransInstagram @tentrembusofficial Sleeper bus baru milik PO Mtrans

Sleeper bus menjadi layanan bus AKAP yang menjadi tren di Indonesia saat ini. Bahkan, persaingan sleeper bus AKAP kian ketat dengan beragam keunggulan masing-masing. Pada 2023 sendiri desain sleeper bus kian berkembang, bahkan ada yang disulap menyerupai kamar pribadi.

Misalnya seperti layanan The Queen milik PO Mtrans yang baru meluncur untuk melayani trayek Denpasar - Kediri. Pada bus ini setiap penumpang bisa mendapatkan ruang pribadi karena kursi penumpang disulap seperti menjadi kamar yang dilengkapi dengan pintu geser.

Baca juga: Daftar 10 Mobil Listrik Terlaris Periode Januari-November 2023

3. Angkut motor

Bagasi bus baru PO 27 TransInstagram @27trans Bagasi bus baru PO 27 Trans

Seiring berkembangnya zaman, bus AKAP tidak hanya mengakut muatan penumpang orang saja tapi bisa untuk mengirim motor.

Fasilitas pengiriman motor ini biasanya identik dengan ciri khas bagasi lapang. Kendati fasilitas bus  AKAP mengangkut motor sudah ada beberapa waktu lalu, namun sejumlah PO kini bermain di segmen ini.

Bahkan desain bagasi kini dirancang khusus agar motor tidak berubah posisi selama perjalanan. Salah satu bus AKAP yang terkenal untuk mengakut motor adalah PO 27 Trans. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com