Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembiayaan Mobil Mewah di Atas Rp 1,5 Miliar Diklaim Tumbuh 2 Kali Lipat

Kompas.com - 19/12/2023, 17:21 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pembiayaan Mandiri Tunas Finance (MTF) mengatakan pembiayaan segmen mobil premiun dan luxury tetap stabil bahkan cenderung meningkat dibandingkan dengan segmen di bawahnya.

Afri Feder Fauzi, Chief Marketing MTF mengatakan, pembiayaan mobil-mobil mewah di atas Rp 1 miliar justru meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Baca juga: Cek Kisaran Harga Rental Mobil TRAC Saat Libur Akhir Tahun

"Secara harga (ialah mobil) Rp 1,5 miliar ke atas. Kita tumbuh hampir dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya," kata Afri di Jakarta, Senin (18/12/2023).

elang akhir tahun lembaga pembiayaan Mandiri Tunas Finance (MTF) justru tancap gas. MTF menggelar pameran MTF Autofiesta di Pondok Indah Mall 3, Jakarta, pada 18-24 Desember 2023.KOMPAS.com/Gilang elang akhir tahun lembaga pembiayaan Mandiri Tunas Finance (MTF) justru tancap gas. MTF menggelar pameran MTF Autofiesta di Pondok Indah Mall 3, Jakarta, pada 18-24 Desember 2023.

"Untuk model campur ya ada SUV dan sedan, tapi di segmen itu ialah SUV dan jip tapi sedan tetap tumbuh," ujarnya.

Meski demikian Afri tidak menyebut berapa jumlah pembiayaan mobil mewah sepanjang 2023 yang dia maksud atau jumlah pencapaian total pembiayaan yang dilakukan MTF pada tahun lalu.

"Hari ini segmen yang stumbuh ialah segmen premium dan luxury. Segmen ini menurut saya ialah segmen sayang tidak terganggu apapun, karena secara konsumen dia cukup mature melakukan pembelian ulang," kata Afri.

"Memang secara rasio tunai dia 40-50 persen pakai pembiayaan karena secara ekonomi dia sudah mature, tapi yang tumbuh ialah segmen itu," ujarnya.

Baca juga: Daftar Trayek Bus AKAP Fenomenal yang Meluncur Sepanjang 2023

Jelang akhir tahun lembaga pembiayaan Mandiri Tunas Finance (MTF) justru tancap gas. MTF menggelar pameran MTF Autofiesta di Pondok Indah Mall 3, Jakarta, pada 18-24 Desember 2023.KOMPAS.com/Gilang Jelang akhir tahun lembaga pembiayaan Mandiri Tunas Finance (MTF) justru tancap gas. MTF menggelar pameran MTF Autofiesta di Pondok Indah Mall 3, Jakarta, pada 18-24 Desember 2023.

Khusus untuk mobil listrik, dalam satu bulan, MTF mengatakan dapat membiayai ratusan mobil listrik.

"Sekitar 350 unit per bulan untuk EV saja di luar hybrid. Total biayanya sekitar 200 miliar per bulan," ujar Afri.

Afri mengatakan, untuk tahun depan proyeksinya pertumbuhan pembiayaan mobil listrik meningkat lebih dari 12 persen sesuai dengan pertumbuhan pembiayaan MTF tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com