Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Suite Class Bus PO Agra Mas Rute Wonogiri-Jakarta

Kompas.com - 14/12/2023, 10:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Perusahaan Otobus (PO) Agra Mas merupakan bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang didirikan pada 2003 di bawah PT Anugerah Mas.

Salah satu bus AKAP PO Agra Mas yang berhasil tim redaksi Kompas.com jajal adalah kelas Suite Class menggunakan bodi Legacy SR3 dan sasis Hino RM 280.

Baca juga: Modifikasi Interior Mercedes Sprinter di BAV Tidak Gugurkan Garansi

Pada kelas Suite Class ini memiliki kapasitas penumpang 22 orang, dengan tempat duduk yang diubah sedemikian rupa agar penumpang bisa rebahan dengan nyaman selama perjalanan.

Bodi bus ini menggunakan Karoseri Laksana, Legacy SR3 dengan ubahan interior cukup unik pada bagian tempat duduknya. Apabila biasanya tempat duduk ditata berdampingan 2-2 kanan kiri, pada kelas Suite Class ini jok ditumpuk bertingkat kanan dan kiri dengan konfigurasi 1-1.

PO Bus Agra Mas Suite ClassKOMPAS.com/ SELMA AULIA PO Bus Agra Mas Suite Class

Kemudian, jok penumpang dapat direbahkan hingga 150 derajat sehingga bisa digunakan layaknya tempat tidur. Bahan jok busa berbalut perpaduan kulit membuat penumpang merasa nyaman.

Bagian tempat duduk penumpang juga dilengkapi dengan gorden hitam memberikan kenyamanan privasi yang lebih, layaknya hotel kapsul di atas dek bus.

Baca juga: Jangan Lupa Cek Kondisi Rem Kendaraan Sebelum Liburan

Kemudian, pada sisi samping tempat duduk sandaran tangan berbentuk meja memanjang dari depan ke belakang, terdapat cup holder dan laci cukup berguna untuk menaruh botol, gelas atau lainnya.

Bahkan pada bawah meja tersebut dapat dibuka dan bisa digunakan untuk menyimpan alas kaki penumpang, atau yang lainnya.

Kursi sleeper PO Bus Agra Mas Suite ClassKOMPAS.com/ SELMA AULIA Kursi sleeper PO Bus Agra Mas Suite Class

Masih pada bagian ini, terdapat dua colokan dengan daya output 2 ampere dan 5 ampere bisa digunakan untuk mengecas handphone atau sejenisnya.

Lanjut pada bagian depan penumpang, disajikan layar sentuh audio video on demand (AVOD) yang bisa memutar lagu, film, navigasi dan permainan untuk hiburan selama perjalanan.

Baca juga: Toyota Optimistis Penjualan Mobil Tahun Depan Tembus 1,1 Juta Unit

PO Agra Mas juga menyediakan selimut dan bantal bisa digunakan saat penumpang tidur sehingga tidak kedinginan di dalam kabin full AC, mengingat perjalanan bus sleeper ini dilakukan pada malam hari.

Toilet juga disediakan meski hanya boleh digunakan untuk buang air kecil saat bus melaju. Di sebelahnya juga terdapat fasilitas ruang kopi seperti mini bar, sehingga penumpang bisa membuat minuman kemasan yang telah disediakan PO Agra Mas secara gratis.

Mini bar PO Bus Agra Mas Suite ClassKOMPAS.com/ SELMA AULIA Mini bar PO Bus Agra Mas Suite Class

Bus dengan keberangkatan malam pukul 19.00 WIB ini memberikan servis snack dan air mineral saat awal perjalanan, serta makan prasmanan satu kali di rumah makan milik PO Agra Mas, RM. Kendil Mas, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Selama perjalanan dari Garasi Bus Agra Wonogiri tepatnya di Wonokarto sampai Jakarta Pasar Rebo, bus beberapa kali berhenti untuk menjemput penumpang wilayah Surakarta, setelah itu baru masuk Tol Trans Jawa, sehingga waktu perjalanan yang ditempuh kurang lebih sekitar 10 jam.

Secara keseluruhan, pelayanan diberikan PO Agra Mas menyenangkan. Dengan biaya Rp 350.000 perjalanan Wonogiri-Jakarta Pasar Rebo terasa nyaman untuk tidur dalam perjalanan, mengingat bus jalan pada malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com