Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sederhana Bersihkan Kerak Karbon pada Busi Mobil

Kompas.com - 11/12/2023, 17:12 WIB
Selma Aulia,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Memiliki mobil dengan performa optimal menjadi kepuasan tersendiri bagi setiap pemilik kendaraan. Maka dari itu, perawatan mesin perlu dilakukan agar dapat beroperasi dengan baik.

Salah satu cara yang perlu dilakukan adalah memperhatikan sistem pembakarannya, khususnya pada busi karena memiliki peran penting dalam proses pengapian mesin.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, kendaraan yang menggunakan busi biasanya menghasilkan endapan karbon, sehingga tarikan terasa berat dan sesekali perlu memacu mobil dalam kecepatan tinggi.

Baca juga: Cara Merawat Transmisi Matik MINI Cooper

Test drive Toyota RAV4 GR Sport PHEVKompas.com/Adityo Test drive Toyota RAV4 GR Sport PHEV

“Kendaraan yang menggunakan busi biasanya cenderung akan menghasilkan endapan karbon di bagian ujung elektroda,” ucap Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Apalagi, mobil di perkotaan yang sering mengalami macet dan hanya dijalankan pada rpm rendah. Sehingga, menyebabkan penumpukan karbon di ruang pembakaran mesin.

Endapan karbon pada ruang pembakaran ini tidak bisa dibersihkan hanya dengan memanaskan kendaraan atau dijalankan pada rpm rendah saja.

Baca juga: Pembeli Mitsubishi XForce 40 Persennya Wanita

Alasannya, karena panas yang dihasilkan ketika memanaskan mobil dengan melaju dengan kecepatan tinggi berbeda.

Honda WR-VKompas.com Honda WR-V

“Pemilik kendaran sesekali bisa memacu mobilnya dalam kecepatan tinggi guna menghindari tarikan mobil berat. Namun, perlu diingat kecepatan harus di bawah ambang batas aman (red line), maksimal kecepatan 100 km/jam,” ucap Didi.

Didi mengatakan, dengan menggunakan cara sederhana ini bisa menghilangkan dan membakar karbon yang menumpuk pada kendaraan.

Selain itu, pemilik mobil juga bisa melakukan cara lain untuk menjaga performa kendaraan dengan melakukan perawatan rutin, seperti tune up dan ganti oli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com