Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Merek Kendaraan Niaga Punya Beragam Varian

Kompas.com - 08/12/2023, 09:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini ada beragam merek kendaraan niaga  di pasar otomotif Nasional dengan berbagai keunggulan masing-masing.

Ali Umar, Sales Development UD Trucks Indonesia mengatakan, beragam varian truk yang ditawarkan oleh merek kendaraan niaga berperan penting untuk memenuhi kebutuhan konsumen. 

"Setiap merek kendaraan niaga itu harus punya produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan menyediakan varian seusai kebutuhan. Misalnya Quester yang saat ini punya tujuh varian. Kenapa Quester ada banyak varianya? Balik lagi karena kita harus menyediakan sesuai kebutuhan pelanggan," kata Ali di kantor UD Trucks Indonesia Sunter, Jakarta Utara, Kamis (7/12/2023).

Baca juga: Daftar Harga Oli Transmisi Mobil Matik Desember 2023

Ali menjelaskan, misalnya calon pembeli truk membutuhkan kendaran untuk mengangkut pasir. Maka tinggal memilih Quester dengan jenis varian yang tepat agar spek kendaraan cocok dengan medan jalan dan muatan.

Apabila merek truk tidak punya banyak varian, biasanya pelanggan akan dipaksakan menggunakan kendaraan dengan model yang sama. Sehingga truk tersebut tidak efisien saat diaplikasikan pada kebutuhan pemilik truk. 

"Kalau secara pengaplikasian, kebutuhan pengguna truk itu ada tiga yaitu untuk perjalanan jarak jauh, untuk pendistribusian logistik dan untuk kontruksi," kata Ali. 

UD Trucks QuesterKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI UD Trucks Quester

Baca juga: Modifikasi BMW X5, Kaki-kaki Sangar buat Off Road

Maka dari itu, mulai dari jumlah axle, dimensi ukuran, bobot, daya tampung, kekuatan mesin, jumlah ban hingga teknologi setiap varian truk saat juga kian beragam. 

"Misalnya mau cari truk Quester untuk kebutuhan tambang, nanti tinggal cari varian dengan spek kendaraan tambang. Seperti contohnya Pertamina memilih varian truk yang kuat untuk kebutuhan mengangkut tangki BBM ," kata Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com