Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Nataru, Jasa Marga Razia Truk ODOL

Kompas.com - 06/12/2023, 14:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang libur Natal 2023 dan Tahun baru 2024 (Nataru), Jasa Marga kembali melakukan razia truk Over Dimension Over Load (ODOL).

Kegiatan ini dilakukan oleh PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) selaku pengelola Ruas Jalan Tol Solo-Ngawi bersama dengan Direktorat Perhubungan Darat Kabupaten Sragen serta Patroli Jalan Raya (PJR) Jateng 7 Detasemen Polisi Militer Kabupaten Sragen.

Operasi penertiban ini berfokus pada kendaraan besar yang melebihi kapasitas dimensi dan berat, dan dilakukan pada Selasa 5 Desember 2023 di Ruas Tol Solo-Ngawi.

Baca juga: Bukan Menguap, Ini yang Bikin Oli Mesin Motor Cepat Habis

Razia truk ODOL yang sumbang polusi udaraBPTJ Razia truk ODOL yang sumbang polusi udara

“Lokasi kegiatan ODOL yang menjadi sasaran penertiban kendaraan besar yaitu di Rest Area KM 538 Jalur Bandung atau arah dari Surabaya menuju Jakarta Ruas Tol Solo-Ngawi,” ujar Mery Natacha Panjaitan, Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi, dalam keterangan tertulis (6/12/2023).

Kegiatan operasi penertiban ini dilaksanakan pada pukul 09.00 sampai 11.30 WIB di mana jam tersebut merupakan waktu yang berpotensi terjadi pelanggaran.

“Pada Operasi ODOL ini, terdapat beberapa kendaraan besar melanggar kelebihan kapasitas berat (over load) dan tidak memiliki dokumen lengkap,” ucap Merry.

Baca juga: Aksesori Ini Bermanfaat, tapi Bisa Bikin Aki Mobil Cepat Soak

“Dari hasil operasi tersebut, diberikan penindakan berupa tilang oleh pihak Kepolisian. Selain itu juga dilakukan penindakan pada kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan dokumen kendaraan dan uji laik jalan,” kata dia.

PT JSN bersama dengan pihak-pihak terkait seperti Direktorat Perhubungan Darat Kabupaten Sragen, PJR Jateng 7 Detasemen Polisi Militer Kabupaten Sragen menjelaskan bahwa kegiatan serupa akan dilakukan secara konsisten.

Tujuannya untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jalan, serta mempertimbangkan kelancaran lalu lintas di jalan tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com