Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Sugeng Rahayu Punya Bus Baru Mewah, Pakai Sasis Mercedes Benz

Kompas.com - 03/12/2023, 15:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada penghujung tahun 2023, nampaknya menjadi momen bagi perusahaan otobus (PO) Sugeng Rahayu untuk bebenah dalam meningkatkan pelayanan. 

Oleh karenan itu PO yang terkenal sebagai raja jalanan tesebut resmi merilis bus baru dengan spek mewah buatan Karoseri Adiputro. Sebelum resmi diluncurkan, bocoran calon bus baru milik Sugeng Rahayu ramai beredar di media sosial.

Sesuai dengan bocoran kabar tersebut, unit anyar milik PO asal Sidoarjo, Jawa Timur dibalut oleh bodi Jetbus 5 MHD. Unit mewah tersebut ditopang oleh sasis Mercedes Benz OH 1626 E4.

Baca juga: Ragam Pilihan Mobil Bekas Rp 70 Jutaan per Desember 2023

Sekedar informasi, sasis Mercedes Benz OH 1626 memakai mesin OM 906 LA 6.374 cc enam silinder segaris dengan turbo. Mesin tersebut menghasilkan 260 Tk di 2.200 rpm dan torsi 950 Nm pada 1.200 rpm sampai 1.600 rpm. 

Keunggulan dari sasis ini adalah tipenya yang bogey atau harus dibuat space frame. Maka dari itu bagian bagasi tembus dari sisi kiri dan kanan,  jadi lebih lega dan mampu menampung banyak barang. 

Kabin bus baru PO Sugeng RahayuInstagram @adiputro_official Kabin bus baru PO Sugeng Rahayu

Seperti bus patas milik PO Sugeng Rahayu sebelumnya, unit ini tampil cerah dengan kelir merah. Nantinya bus akan digunakan untuk layanan kelas non-ekonomi patas sebagaimana tulisan yang tertera pada  kaca depan. 

Bagian yang paling mencolok adalah desain livery bus tampil sedikit berbeda dari biasanya. Bila biasanya pada bodi bus terdapak corak atau gambar bintang, candi, pegunungan dan pepohonan. Kini livery bus menggunakan pola yang lebih atraktif menggunakan permainan garis. 

Tidak ketinggalan gambar bintang masih menghiasi bodi samping dan belakang bus.Visual bodi samping juga kian meriah dengan adanya logo Mercedes-Benz berkuran besar.

Baca juga: Perhatian, Innova Zenix Hybrid Butuh Perawatan AC Khusus

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 Baca juga: Ini Bocoran Harga Chery Omoda E5, Meluncur di IIMS 2024


Masuk ke bagian kabin, bus tampil lebih modern dengan panel intrumen android. Agar penumpang lebih ekseklusif, interior kabin juga dilengkapi sekat pemisah ruang kru dan ruang penumpang.

Kemudian bangku penumpang tampil elegan dengan jok berwarna hitam konfigurasi 2-2. Agar penumpang lebih nyaman, bus juga dilengkapi toilet dan TV. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com