Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peminatnya Meningkat, Bakal Banyak Motor Listrik Premium di 2024

Kompas.com - 30/11/2023, 17:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen-produsen motor listrik mengaku optimistis dengan peningkatan minat dan daya beli masyarakat.

Karena hal tersebut, tak sedikit produsen motor listrik yang memutuskan memperluas jangkauan pasar dengan menambah jajaran produk barunya.

Mulai 2024, beberapa produsen memutuskan membuat segmentasi baru, dan meluncurkan model dengan banderol premium.

Sejauh ini, motor listrik premium memang belum banyak tersebar di bursa otomotif. Kalaupun ada, unitnya terbatas dengan skala produksi rendah.

Moses Sigit, Associate Manager Marketing Polytron EV Motor menjelaskan, pemain di segmen motor listrik premium memang masih sangat sedikit bahkan tidak ada, untuk sejauh ini.

 Baca juga: Kendaraan yang Boleh Dimodifikasi Sesuai Aturan Kustomisasi

Motor Listrik Polytron T-Rex, Siap Meluncur di 2024Polytron Motor Listrik Polytron T-Rex, Siap Meluncur di 2024

Kondisi tersebut diprediksi akan berubah tahun depan, karena minat masyarakat sudah bertumbuh dan daya belinya diyakini bakal mengikuti pula.

Pihaknya sendiri mengaku sudah berencana meluncurkan motor listrik baru untuk mengisi segmen premium, yakni Polytron T-Rex Electric, dengan estimasi harga Rp 50 jutaan ke atas.

“Konsumennya pasti ada, secara daya beli kami yakin bakal meningkat. Traksi kenaikan motor listrik sekarang cukup bagus,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Yandi Sosiandi, Head of Marketing PT BML United E-Motor menjelaskan, pihaknya juga berencana melebarkan segmentasi khususnya untuk pasar premium.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Pengendara Motor Jangan Berteduh Sembarangan

Motor listrik United E-Motor T1800United E-Motor Motor listrik United E-Motor T1800

United E-Motor sendiri akan meluncurkan sebanyak 7 model motor listrik baru tahun depan. Masing-masing memiliki rentang harganya sendiri, mulai terjangkau sampai premium.

“Kami mau coba perluas jangkauan pasar. Kalau melihat dari data, konsumen itu selalu meningkat, datanya bagus,” ucap dia.

Walaupun tidak memberikan bocoran terkait estimasi harga, Yandi mengatakan, jika akan ada motor listrik baru United yang memiliki banderol premium di kisaran Rp 60 juta ke atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com