Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Sleeper Bus yang Punya Fasilitas Toilet Mewah

Kompas.com - 27/11/2023, 15:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Toilet menjadi salah satu layanan bus AKAP yang sudah ada sejak lama diberikan oleh sejumlah perusahaan otobus (PO). Namun biasanya keberadaan fasilitas ini tergantung dari jenis kelas bus dan trayek tertentu saja.

Selain itu, biasanya setiap setiap bus punya desain toilet yang berbeda-beda untuk memberikan kenyamanan pada penumpang.

Misalnya seperti layanan sleeper bus AKAP yang kini juga dilengkapi oleh toilet untuk menarik minat pasar. 

Berikut Kompas.com rangkum beberapa sleeper bus AKAP dengan desain toilet yang unik dan mewah : 

1. PO Juragan 99 Trans

Toilet Juragan 99 TransInstagram @adiputro_official Toilet Juragan 99 Trans

PO Juragan 99 Trans punya dua unit sleeper bus AKAP yang masing-masing diberi nama Gundam dan Davan dengan fasilitas toilet yang unik.

Bila biasanya fasilitas toilet pada bus AKAP tidak memperbolehkan penumpang untuk BAB, toilet pada kedua sleeper bus ini memperbolehkan.

Bus yang hadir dengan model double decker tersebut dirancang agar penumpang bisa BAB dan saat kondisi bus berhenti. Hal tersebut lantaran bus dilengkapi tangki pembuangan bernama bio tank. Pada tangki pembuangan toilet berisikan bakteri pengurai yang diimpor langsung dari luar negeri.

2. PO Indorent

Toiler bus AKAP PO IndorentUnicorn Indorent Toiler bus AKAP PO Indorent

Layanan bus AKAP milik PO Indorent hadir dengan model double decker buatan karoseri yang berbeda. Ada yang dibuat oleh Karoseri Laksana dan ada yang juga yang buatan Karoseri Adiputro.

Keduanya mempunyai layanan kursi sleeper bus bagi penumpang pada dek bawah. Agar penumpang lebih nyaman, bus juga dilengkapi oleh toilet yang posisinya di area tegah dek bawah.

Maka dari itu, begitu penumpang masing dari pintu belakang akan langsung menemukan letak toilet tersebut.

Toilet juga dilengkapi oleh westafel dan juga ukuran yang ideal bagi segala jenis penumpang. Fasilitas toilet ini hanya memperbolehkan penumpang untuk buang air kecil saja dan pada saat bus sedang berjalan. 

Baca juga: Belajar dari Kasus Mobil Satpol PP Tabrak Motor di Flyover Yos Sudarso

3. PO Gunung Harta Transport Solution (GHTS)

Toilet bus GHTSInstagram @adiputro_official Toilet bus GHTS

Sleeper bus milik PO GHTS juga memiliki fasilitas toilet untuk penumpang. Lantaran bus ini hadir dengan model double decker atau bus tingkat, posisi toilet ada di dek bawah bus.

Toilet hadir dengan ukuran minimalis dengan desain yang elegan. Selayaknya toilet pada bus AKAP, toilet ini hadir dengan model closet duduk dan juga westafel. Hanya saja toilet ini diperuntukkan pada saat bus jalan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com