Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Mobil Baru Toyota yang Masih Pakai Sistem RWD

Kompas.com - 26/11/2023, 16:54 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil penggerak roda belakang (RWD) banyak diburu masyarakat lantaran dianggap lebih jago melibas tanjakan. Titik tumpu kendaraan yang ada di roda belakang saat mobil menanjak membuatnya memiliki traksi lebih baik.

Namun karena banyaknya komponen pada sistem RWD sebagian besar produsen mobil beralih ke sistem penggerak roda depan demi meningkatkan efisiensi.

Kendati demikian minat konsumen terhadap mobil penggerak roda belakang memang tinggi sehingga sampai saat ini masih ada beberapa jenis mobil RWD yang dipertahankan untuk dijual.

Baca juga: Mobil RWD Ini Tetap Dijual di Diler karena Dicari Konsumen

Modifikasi kabin Toyota Fortuner oleh Alerta, bagian dari LombardiKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Modifikasi kabin Toyota Fortuner oleh Alerta, bagian dari Lombardi

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Minggu (26/11/2023) PT Toyota Astra Motor (TAM) masih mempertahankan beberapa produk mobil RWD seperti Innova Reborn, All New Rush dan Fortuner. Simak spesifikasi dan harganya berikut ini!

Kijang Innova Reborn

Salah seorang penjual di Nasmoco Semarang. Dia mengatakan Innova Reborn baik bensin dan diesel masih tersedia stoknya.

"Innova Reborn bensin hanya tersedia transmisi manual dengan banderol Rp 383 juta, sementara diesel matik Rp 436 juta dan manual Rp 418 juta, OTR Jawa Tengah," ucap dia kepada Kompas.com, Sabtu (25/11/2023).

Selain diunggulkan karena mobil RWD, Innova Reborn memiliki dua pilihan mesin, diesel dan bensin. Mesin dieselnya mengusung unit 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc lengkap dengan Variable Nozzle Turbocharger (VNT) dan Intercooler.

Baca juga: Mitos atau Fakta Mobil RWD Lebih Boros BBM?

Toyota Kijang Innova Reborn tipe E bisa dimodifikasi jadi seperti tipe VenturerDok. Bobby. Spec Rare Item Toyota Kijang Innova Reborn tipe E bisa dimodifikasi jadi seperti tipe Venturer

Mesin yang digunakan memang lebih kecil dari generasi sebelumnya, namun tenaga tidak menurun. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga 149 Tk pada 3.400 rpm dan torsi maksimal 350 Nm pada 1.200-2.800 rpm.

Sementara itu, mesin bensinnya mengusung unit 1TR-FTV 4-silinder DOHC yang memiliki kapasitas 1.998 cc. Untuk diketahui, mesin ini sudah digunakan sejak awal kali Kijang Innova hadir tahun 2004.

Pabrikan sempat melakukan penyempurnaan melalui penyematan teknologi Dual VVT-i untuk meningkatkan performanya. Di atas kertas, mesin bensin ini menghasilkan tenaga 137 Tk dan torsi puncak 183,3 Nm.

Baca juga: Fitur Ini Bikin Mobil Jago Menanjak meski Bukan RWD

Interior All New Rush dengan penggerak roda belakang (RWD)Tangkapan layar Interior All New Rush dengan penggerak roda belakang (RWD)

All New Rush

Toyota All New Rush merupakan low sport utility vehicle (LSUV) berbekal mesin bensin 1.500 cc dengan teknologi Dual VVT-i. dipadukan transmisi manual 5 percepatan atau matik 4 percepatan mampu menghasilkan tenaga 104 Tk dan torsi maksimal 136,3 Nm.

Mobil ini memiliki kabin cukup lega mampu menampung 7 penumpang orang dewasa dengan fitur hiburan cukup memadai berupa head unit layar sentuh, bisa terkoneksi dengan Bluetooth dan dilengkapi kamera belakang.

Desain eksterior All New Rush tampak sporty dengan paduan gril dan lampu depan yang tajam membuat mobil ini tidak kehilangan karakter SUV-nya.

Baca juga: Alasan Mengapa Sistem RWD Ditinggalkan meski Unggul di Tanjakan

Toyota Fortuner GR Sport masih dibekali sistem penggerak roda belakang (RWD)Tangkapan layar Toyota Fortuner GR Sport masih dibekali sistem penggerak roda belakang (RWD)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com