Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Tunggu Hasil Uji Coba Tol Non Tunai Nirsentuh

Kompas.com - 19/11/2023, 10:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Tol Nusantara atau Astra Infra antusias menunggu hasil uji coba sistem transaksi tol non tunai nirsentuh alias Multi Lane Free Flow (MLFF) yang akan dilakukan di Tol Bali-Mandara Desember 2023 ini.

Pasalnya, kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut akan dikaji secara komperhensif sebelum pada akhirnya dapat digunakan di berbagai ruas.

Dengannya, sistem MLFF tentu akan sangat berdampak pada industri jalan tol dan lalu lintas atau mobilitas masyarakat.

Baca juga: Saat Nyalakan Mesin Mobil Matik Pastikan Tuas Transmisi di Posisi P

Pemerintah akan mengganti sistem pembayaran jalan tol dari uang elektronik atau biasa dikenal e-toll menjadi sistem tanpa sentuh Multi Lane Free Flow (MLFF). Dokumentasi Jasa Marga Pemerintah akan mengganti sistem pembayaran jalan tol dari uang elektronik atau biasa dikenal e-toll menjadi sistem tanpa sentuh Multi Lane Free Flow (MLFF).

"MLFF ini hal yang sangat baik untuk industri jalan tol. Ini seperti yang kita semua alami, ketika kita awalnya dari cash ke tap, itu perubahan fundamental dalam pengoperasian jalan tol," kata Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar di Menara Astra, Jumat (17/11/2023).

Menurutnya, MLFF menjadi langkah fundamental untuk memajukan operasional jalan tol di masa mendatang. Terlebih, dapat meminimalisir antrean di gerbang tol sehingga mengurangi potensi kemacetan.

Astra Infra disebut akan berupaya baik untuk mendukung penerapan MLFF di berbagai ruas tol. Namun, hal ini akan dilakukan apabila teknologi tersebut telah disetujui dan tersertifikasi oleh pemerintah.

"Tahun ini akan uji coba di Tol Bali-Mandara, kami antusias untuk melihat hasilnya, dan kami akan siap terapkan MLFF tersebut ketika teknologinya sudah tersertifikasi dan di-approve oleh PUPR atau BPJT," ucapnya.

Baca juga: Pilihan Pelek Aftermarket Baru untuk Mobil

Implementasi sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh berbasis MLFF akan dilakukan secara bertahap.Dok. BPJT Implementasi sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh berbasis MLFF akan dilakukan secara bertahap.

Diketahui, Tol Bali-Mandara dipilih sebagai lokasi uji coba MLFF karena ruas dimaksud berskala terbatas sehingga bisa mudah dikendalikan.

Selama uji coba, Kementerian PUPR juga masih tetap memberlakukan sistem tapping kartu e-toll di gerbang tol. Selanjutnya, MLFF akan diujicobakan ke ruas tol lainnya di wilayah Jawa.

Adapun nantinya proses uji coba ini berlangsung selama dua pekan. Kemudian, rangkaian uji coba MLFF tersebut akan memasuki tahap evaluasi pada akhir Desember 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com