Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersedia Akhir November 2023, Ini Kelebihan Bridgestone Ecopia EP300

Kompas.com - 15/11/2023, 18:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bridgestone Tire Indonesia memastikan produk terbaru Ecopia EP300 akan tersedia di pasaran akhir November 2023 ini.

Menggantikan produk sebelumnya, yaitu Ecopia EP150, ban diklaim punya sejumlah keunggulan menarik untuk penggunaan sehari-hari.

"Memiliki teknologi Enliten, ban ini ramah lingkungan, bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar, cengkeraman basah yang unggul, dan masa pakai yang lebih lama," kata Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno di Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/11/2023).

Baca juga: Video Dek Motor Penuh dengan Kecoak, Jangan Asal Parkir

Media Test Drive Bridgestone Ecopia EP300KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Media Test Drive Bridgestone Ecopia EP300
Kendati tidak disebutkan harganya secara pasti, dikatakan bahwa Ecopia EP300 bisa meningkatkan efisiensi hingga 4 persen dari produk sebelumnya.

Hal tersebut dikarenakan ban disematkan nanopro-tech compound sebagai bahan terbaru yang melapisi karetnya.

Silika berpendispersi tinggi ini mengurangi tahanan gelinding yang berkontribusi pada lebih sedikit energi yang hilang.

Melalui pengujian ekstensif, rolling resistance rendah EP300 terbukti meningkatkan jarak tempuh hingga 11 km per tangki.

"Pada gilirannya, membantu pengemudi berhemat dengan setiap pengisian bahan bakar sekitar 4-5 persen (dari EP150)," kata Mukiat.

Baca juga: Simak Lokasi Parkir Penonton Konser Coldplay di GBK Jakarta

Bridgestone Ecopia EP300KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Bridgestone Ecopia EP300
 

Selanjutnya, dengan tapak ban bermodel mahkota alias crown, memastikan tekanan kontak yang lebih merata antara ban dan permukaan jalan, yang berkontribusi pada ketahanan gelinding yang lebih baik, cengkeraman basah, dan masa pakai yang lebih lama.

Area tapak berbentuk mahkota ini juga dioptimalkan dan kedalaman lug yang lebih dalam dapat mengurangi keausan yang tidak rata dan membantu memperkuat daya tahan dan performa masa pakai.

Tidak hanya itu, ban disematkan round rib edge, yang mempertahankan kekakuan terhadap gaya lateral, bentuk kontak yang lebih baik dan distribusi tekanan tercapai.

Baca juga: Antisipasi Musim Hujan dan Risiko Banjir, Ini 3 Jenis Asuransi Kendaraan

Perubahan pada bagian blok ban juga bisa meningkatkan grip ke jalanan. Sehingga momentum pengereman lebih efektif, khususnya di jalanan basah.

Sejumlah keunguglan ini lantas dibuktikan langsung pada kesempatan sama di Proving Ground Bridgestone yang berlokasi di kawasan industri Karawang, Jawa Barat.

"Setiap ban yang kami luncurkan sudah distudi menyesuaikan karakteristik para pengguna dan jalan di Indonesia," kata Mukiat.

"Sekarang EP300 sudah kami produksi dan siap hadir di pasar pada akhir November 2023 ini," ujarnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com