Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lengkap Subaru WRX tS EyeSight, Harga Rp 900 Juta

Kompas.com - 14/10/2023, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedan sporty di Indonesia relatif memang minim pilihannya. Salah satu opsi yang ada, adalah Subaru WRX, sedan berstatus impor utuh alias CBU Jepang.

Soal WRX, Subaru Indonesia resmi memboyongnya pada IIMS 2023. Saat ini, tersedia dua pilihan, WRX dengan transmisi manual dan WRX tS EyeSight dengan transmisi CVT atau Subaru menyebutnya Sport Lineartronic dengan sports shifting control atau paddle shift.

Soal tampilan eksterior, memang jadi selera masing-masing. Saat awal diluncurkan kami kurang suka dengan adanya tambahan bodi cladding yang mengelilingi seluruh bagian bawah bodi. Cuma lama-lama terbiasa juga, bahkan cenderung cocok dengan desain bodinya yang agresif.

Baca juga: Subaru Siap Pamerkan Mobil Konsep Sport Elektrik


Bagian interior, warnanya cenderung gelap, pakai bahan kulit dan alcantara serta jahitan berwarna merah. Secara umum, kabinnya lebih fokus ke pengemudi, bangkunya semi bucket, ditambah sistem entertainment atau head unit besar ada di tengah.

Pada tulisan kali ini, Redaksi akan menjabarkan spesifikasi lengkap dari WRX terutama yang tS EyeSight. Soal dimensi, WRX punya panjang 4.670mm, lebar 1.825mm dan tinggi 1.465mm, ukuran yang terbilang sedang, tidak sepanjang Toyota Camry yang mencapai 4.885mm.

Tapi orang cenderung memilih Subaru WRX karena dapur pacunya, memakai mesin boxer empat silinder dengan kapasitas 2.387cc dengan turbo. Tenaga yang dihasilkan sebesar 275 PS atau sekitar 271,2 TK di 5.600 RPM dan torsi 350 Nm di 2.000 RPM - 5.200 RPM.

Baca juga: Marc Marquez Tinggalkan Repsol Honda, Peluang buat LCR

Subaru WRX tS EyeSightKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Subaru WRX tS EyeSight

Tenaga dan torsi tadi disalurkan ke empat roda atau Symmetrical All-Wheel Drive khas Subaru. Bedanya dengan yang manual, transmisi di versi tas Eyeseight ini memakai CVT atau Subaru sebut Subaru Performance Transmission.

Pada layar head unit, bisa dipilih mode berkendara, dari Comfort, Normal, Sport, Sport+, dan Individual. Kami paling suka mode individual, di mana setelan mesin bisa dipilih yang Sporty, tapi suspensinya Comfort, jadi sesuai dengan keinginan.

Beralih ke bagian kabin, WRX tS EyeSight disematkan berbagai fitur, instrument cluster kombinasi jarum dan digital, head unit yang super besar sebagai sistem hiburan dan penyetelan kendaraan, termasuk AC. Soal fitur, EyeSight yang disematkan ke WRX super lengkap.

Baca juga: Simulasi Kredit Civic Type R 2023, Cicilannya Seharga Motor Scoopy Baru

Kabin Subaru WRX tS EyeSightKOMPAS.com/ADITYO WISNU Kabin Subaru WRX tS EyeSight

Pertama ada Adaptive Cruise Control, Lane Departure Prevention, dan Lane Centring Control, serta Preceding Vehicle Adaptive Steering Control. Ketiganya membuat mobil bisa dikemudikan semi otomatis, cuma setir tetap harus dipegang, karena akan muncul peringatan jika tidak dilakukan.

Kemudian, ada Pre-Collision Throttle Management, Pre-Collision Braking System, Autonomous Emergency Steering, Lead Vehicle Start Alert, dan Manual Speed Limiter. 

Keunikan lain yang disematkan pada WRX adalah Driver Monitoring System. Jadi ada kamera di atas head unit berfungsi mengawasi tingkah pengemudi.

Baca juga: Toyota 86 Edisi Spesial Lebih Kinclong

Kabin Subaru WRX tS EyeSightKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Subaru WRX tS EyeSight

Salah satu peringatan yang sering keluar kalau sedang tidak melihat ke jalan adalah "keep eyes on the road", muncul di MID. Begitu juga kalau tidak konsentrasi, maka keluar peringatan "stay alert" sambil mengeluarkan suara.

Selain itu, WRX tentu sudah dilengkapi fitur seperti, Cabin-protecting Layout, Auto Vehicle Hold (AVH), Steering Responsive Headlights (SRH), High Beam Assist (HBA), Automatic Anti-dazzle Rear View Mirror, High Visibility, Vehicle Dynamics Control System, Active Torque Vectoring, Reverse Automatic Braking (RAB), Subaru Rear Vehicle Detection (SRVD), Ring-shaped Reinforcement Frame, dan SRS Airbags.

Sebenarnya dengan banderol Rp 949,5 juta, rasanya pantas kalau WRX tS EyeSight ini punya fitur yang lengkap. Tapi bukan itu saja, performanya juga mumpuni, sehingga seperti punya dua mobil berbeda, canggih dan agresif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com