Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang MotoGP Indonesia, Para Pebalap Diajak Pawai Keliling Mataram

Kompas.com - 12/10/2023, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP Indonesia) 2023 yang bakal digelar di Pertamina International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 13-15 Oktober 2023 diawali dengan sejumlah kegiatan yang melibatkan para pebalap dan masyarakat setempat.

Salah satu kegiatan tersebut adalah "Riders’ Parade" pada Rabu, 11 Oktober 2023. Sebelumnya, parade digelar dengan meriah di Jakarta, tetapi kali ini kegiatan tersebut diadakan langsung di Mataram, Lombok.

Kota Mataram menjadi tuan rumah parade tersebut dan memberikan kesempatan bagi masyarakat Lombok untuk bersua dengan para pebalap.

Baca juga: Jogging di Trek, Quartararo Komentari Kondisi Sirkuit Mandalika

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

 

Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria mengatakan, pawai yang diadakan di Mataram ini akan menjadi suguhan yang menarik bagi masyarakat lokal yang sejak tahun lalu telah turut menyukseskan MotoGP Mandalika.

Menurut dia, hal tersebut sejalan dengan upaya penyelenggara untuk melibatkan sebanyak-banyaknya masyarakat lokal dalam ajang bergengsi ini.

Pawai digelar di pusat Kota Mataram, dimulai dari Kantor Polda NTB menuju Kantor Gubernur NTB. Para penggemar bisa berinteraksi secara langsung dengan para pebalap yang mulai berpawai pukul 12.30 Wita.

Baca juga: Baru Mendarat di Lombok, Vinales: Boleh Pinjam Seratus?

“Kami ingin memberikan apresiasi kepada masyarakat lokal, khususnya di Kota Mataram, untuk bisa menyapa langsung para rider yang akan berlaga di MotoGP Mandalika 2023,” ujar Priandhi dalam keterangan tertulis (11/10/2023).

“Kami juga mempertimbangkan prosesi pengantar acara tahun ini sebagai pembeda dibandingkan tahun lalu yang dilaksanakan di ibu kota negara. Parade tahun ini akan dilaksanakan di ibu kota NTB,” kata dia.

Pawai pebalap Indonesian GP 2023 akan mengambil rute antara lain melewati Jalan Langko dan Jalan Pejanggik.

Baca juga: Bos Ducati Ragu Marc Marquez Bakal ke Gresini

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Aviasi Pariwisata Indonesia (@injourney.id)

Selain "Riders’ Parade", penyelenggara juga mengajak para rider untuk berpartisipasi dalam program pembersihan pantai dan penanaman terumbu karang (coral planting). Kegiatan ini akan diadakan di Pantai Kuta Mandalika keesokan harinya, atau Kamis, 12 Oktober 2023.

“Dengan mengajak para rider untuk berpartisipasi, kami rasa ini bisa jadi pesan kuat bahwa kegiatan Indonesian GP 2023 memiliki tanggung jawab juga bagi masyarakat sekitar dan lingkungan,” ucap Priandhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com