Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Toyota Innova Lawas Jadi Model Barong, Modal Rp 40 Juta

Kompas.com - 29/09/2023, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Kijang Innova jadi mobil bekas yang cukup laris di pasaran. Selain karena tangguh, harga jual yang bertahan juga menjadi alasan.

Namun, tampilan yang sudah ketinggalan dibanding mobil baru kadang jadi persoalan. Sebagai solusi, saat ini pemilik kendaraan sudah bisa melakukan upgrade tampilan agar Innova lawas tampil lebih modern.

Salah satunya seperti yang disajikan oleh bengkel modifikasi bernama JAC Garage, yang berlokasi di Jalan Kol. H. Burlian Km 10, Simpang Bandara Lama Kota Palembang.

Baca juga: Tips Beli Honda Vario 125 LED Bekas, Cek Kotak Sekring

Bengkel modifikasi ini menawarkan paket upgrade buat Kijang Innova, mulai dari eksterior, interior, hingga mesin.

“Ini mobil Innova tahun 2007 tipe G bensin manual, warna aslinya itu hitam black mica kita upgrade dan ganti warna menjadi Innova 2015 warna grey,” ucap Isaac, pemilik JAC Garage kepada Kompas.com, Jumat (29/9/2023).

Untuk ubahannya meliputi eksterior, di mana ubahan mencakup warna body, bumper, headlamp dan foglamp, serta spion Innova reborn.

@jacgarage Upgrade Innova 2007 #jacgarage #tiktokindonesia #senggoldong #TikTokPromote #upgradeinnova ? suara asli - JAC garage

“Interiornya mulai dari peredam full (mulai dari plafon, pintu, lantai), jok sudah di retrim dengan bahan semi kulit, ada juga penggantian panel seperti head unit Android, kontrol AC. model 2015, supaya tidak keliatan model 2007 lagi, terus kita kasih juga motif kayu hitam,” kata Isaac.

Sedangkan untuk mesin mendapat peremajaan dan perbaikan, juga meliputi kaki-kaki.

“Untuk mesin, ada masalah di koil, dan ada beberapa baut-baut yang pernah patah. Kita juga akalin baut-baut, tutup klep, gardan, penggantian plat kopling dan kopling diganti juga,” ujar Isaac.

Usai modifikasi dan perbaikan selesai, seluruh body Innova lawas ini dipoles (coating) sehingga tampil mulus dan mengilap.

Baca juga: Penting Melakukan Perawatan pada Kompresor AC Mobil Lawas

Bicara soal harga, total biaya untuk melakukan upgrade pada mobil adalah Rp 45 juta. Isaac melanjutkan, konsumen juga bisa melakukan permintaan modifikasi yang bisa disesuaikan dengan kantong calon konsumen.

“Nilai paket itu kurang lebih sekitar Rp 45 juta, disesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen tersebut. Kalau untuk nilai upgrade, sebetulnya saya sudah menentukan ada paket upgrade, seperti biaya pengecatan dan lainnya. Itu kembali lagi ke permintaan customer seperti apa,” kata Isaac.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com