Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Biaya Perbaikan bila ECU Nissan Grand Livina Rusak

Kompas.com - 28/08/2023, 17:21 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Nissan Grand Livina lawas banyak dicari oleh masyarakat berkat kenyamanan serta ketangguhannya.

Sejak dikeluarkan pada 2007 silam, mobil keluarga rasa sedan ini dibekali fitur modern di dalam mesinnya. Nissan sendiri menyebut teknologi itu dengan nama electronic concentrated engine control system (ECCS).

Berbeda dengan mesin injeksi biasa, mesin HR15DE ini dibekali banyak sensor dan modul elektronik pada tiap-tiap bagian komponen seperti mesin, transmisi, body dan seterusnya. Semua modul saling terhubung untuk menyinkronkan kerja masing-maisng sektor.

Baca juga: Lagi Cari Nissan Grand Livina Lawas, Lebih Baik Pilih yang Manual

Nissan Grand Livina lawas banyak dicari masyarakatKompas.com/Erwin Setiawan Nissan Grand Livina lawas banyak dicari masyarakat

Maka dari itu, banyak masyarakat menganggap Nissan Grand Livina lawas bila mengalami masalah susah disembuhkan. Padahal, bagi bengkel spesialis dan resmi, hal itu bukanlah masalah besar.

Taufan, Kepala Cabang Dream Garage Bengkel Spesialis Nissan & Datsun Yogyakarta, mengatakan, masalah pada Nissan Grand Livina lawas ini ditangani dengan prosedur yang benar seharusnya tidak susah.

“Sebagian bengkel mungkin tidak tahu prosedurnya, sehingga beberapa masalah tidak tertangani, bahkan bisa menyebabkan kerusakan lain yang lebih serius, seperti rusaknya ECU dan sejenisnya,” ucap Taufan kepada Kompas.com, Sabtu (26/8/2023).

Baca juga: Rahasia Nissan Grand Livina Lawas Unggul dalam Uji Emisi

ECU untuk mesin atau ECM dijual di toko daring dengan variasi harga, kuliatas dan kondisi.Tangkapan layar ECU untuk mesin atau ECM dijual di toko daring dengan variasi harga, kuliatas dan kondisi.

Taufan mengatakan, ECU bisa mengalami rusak terlepas terjadi insiden kecelakaan, kebakaran, atau terendam banjir.

“Penggunaan suku cadang tidak standar juga bisa memicu terjadinya kerusakan ECU pada mesin, seperti koil KW yang dipaksakan dipasang pada Nissan Grand Livina bisa terbakar, akhirnya membuat internal ECU putus,” ucap Taufan.

Sehingga, sinyal kelistrikan dari ECU menuju koil tidak ada dan solusinya adalah penggantian ECU menurut Taufan.

Baca juga: Mau Pelihara Grand Livina Lawas, Kenali Dulu Penyakit Umumnya

“Biaya perbaikan ECU untuk Nissan Grand Livina lawas mulai Rp 4,5 jutaan dengan kualitas orisinal bekas berikut garansi 1 tahun, sedangkan bila baru orisinal Rp 16 juta - Rp 20 juta, menyesuaikan ketetapan dari diler,” ucap Taufan.

Taufan memastikan bila prosedur perbaikannya sesuai, ECU pada Nissan Grand Livina lawas pasti awet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com