Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Spesifikasi Bus Trans Jatim yang Baru

Kompas.com - 23/08/2023, 15:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com-  Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) kembali melakukan inovasi transportasi publik dengan meluncurkan trayek baru untuk bus Trans Jatim, yaitu koridor II rute Mojokerto – Sidoarjo.

Layanan tersebut telah beroperasi melayani rute Kertajaya Mojokerto - Purabaya (Bungurasih) mulai 20 Agustus 2023. Selama 7 hari, layanan baru bus Trans Jatim koridor II akan gratis

Inovasi ini melanjutkan layanan yang sudah ada sebelumnya yaitu Trans Jatim Koridor I dengan rute Sidoarjo – Surabaya - Gresik. 

Baca juga: Kualitas Global Dipercaya, Chery Jadi Mobil Kepresidenan KTT BRICS

Trayek baru bus Trans Jatim memilik 22 unit bus baru yang beroperasi setiap hari pukul 05.00-21.00 WIB. Secara spesifikasi, bus ditopang oleh sasis Canter FE 84GBC.

Bus tersebut dibuat dari hasil kerjasama PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku pemegang merek Mitsubishi Fuso dengan PT. Bagong Dekaka Makmur (PT. Bagong). Sebelum resmi digunakan, salah satu unit bus tersebut sempat mejeng di GIIAS 2023. 

Bus Trans JatimKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus Trans Jatim

Kendaraan jenis medium bus tersebut menggunakan balutan bodi Velocity dari Karoseri Tentrem. Bus masih menggunakan gaya khas sebelumnya yaitu dengan kelir hijau dengan paduan kuning dengan model Bus Rapid Transit (BRT). 

Kemudian pada bagian bodi belakang bus disematkan  layar LED besar atau videotron yang terletak di bagian belakang bodi bus.

Bus Trans JatimKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus Trans Jatim

Baca juga: Hitung Skema Cicilan Mitsubishi XForce dan Honda HR-V

Secara tampilan, bus ini merupakan bus perkotaan dengan lantai rendah agar memudahkan penumpang keluar masuk bus dari halte.  Masuk ke dalam kabin bus, ada 18 kursi penumpang biasa dan 2 kursi prioritas untuk penumpang. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com