Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepindahan Johann Zarco dari Ducati ke Honda Dinilai Aneh

Kompas.com - 23/08/2023, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Johann Zarco yang posisinya di Pramac Racing tidak aman, telah mengonfirmasi kepindahannya ke LCR Honda mulai musim 2024. Kepindahan Johann Zarco dari Pramac Racing ke LCR Honda dinilai aneh dan dimotivasi oleh uang.

Pasalnya, Zarco meninggalkan salah satu motor paling kompetitif di grid MotoGP untuk bergabung ke pabrikan yang tengah kesulitan. Tidak sedikit yang merasa ada faktor non-kompetitif yang berperan di balik kepindahan Zarco.

“Tidak hanya (pindah) di Honda, dia bukan di tim pabrikan, dia di tim LCR dengan kontrak jangka panjang. Ini langkah yang aneh. Paddock terkejut,” ujar pengamat MotoGP Neil Hodgson, dikutip dari Crash (22/8/2023).

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Rambut Tipis pada Ban Baru

Pebalap Pramac Racing Johann Zarco ketika tampil dalam rangkaian MotoGP Australia 2022 di Sirkuit Phillip Island, Jumat (14/10/2022) pagi WIB.AFP/PAUL CROCK Pebalap Pramac Racing Johann Zarco ketika tampil dalam rangkaian MotoGP Australia 2022 di Sirkuit Phillip Island, Jumat (14/10/2022) pagi WIB.

“Kita akan lihat apa yang terjadi. Saya tidak punya perasaan yang baik tentang hal itu,” kata juara dunia WSBK musim 2023 ini.

Sementara itu, eks pebalap MotoGP Sylvain Guintoli, mengatakan, bahwa yang dilakukan Zarco tidak relevan untuk situasi saat ini.

“Dia memiliki kontrak pabrik yang sangat layak. Dia kalah setelah beberapa balapan karena dia tidak bisa kompetitif. Pada saat itu, proyek masih berkembang,” ucap Guintoli.

Baca juga: Daftar Motor Honda yang Pakai Rangka eSAF

Beberapa laporan menunjukkan bahwa Zarco menggandakan gajinya untuk menukar Ducati dengan Honda. Sebuah kompensasi yang masuk akal dengan beralih dari Ducati ke Honda.

Namun, Zarco menegaskan bahwa kontrak dua tahun yang dijamin di Honda adalah faktor penting dalam memastikan umur panjangnya di kelas MotoGP.

Artinya, dengan kepergian Zarco, kini Pramac Racing memiliki salah satu kursi kosong paling menarik untuk MotoGP 2024.

Dua pebalap diprediksi bakal mengisi kursi Pramac Racing, di antaranya adalah Marco Bezzecchi atau Franco Morbidelli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com