Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Motorhome Harus Perhatikan Sisi Keselamatan

Kompas.com - 21/08/2023, 10:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, TANGERANG.com – Modifikasi mobil menjadi motorhome kini mulai banyak digunakan pemilik mobil untuk tampil beda. Motorhome atau merupakan sebuah kendaraan yang memiliki desain interior layaknya rumah.

Mulai dari rancangan interior sederhana hingga mewah diaplikasikan pada mobil mengikuti keinginan dan kebutuhan pemiliknya. Selama budget yang dibutuhkan memadai, desain kabin apa saja bisa dilakukan untuk motorhome.

Namun, masih banyak pemilik atau pihak yang membuat motorhome mengenyampingkan sisi keselamatan dari motorhome.

Captain Jaka ketua Campervan Indonesia sekaligus pemilik MotorHome Nyi Iteung mengatakan, kini banyak motorhome hanya mementingkan sisi estetika saja.

Baca juga: Asap Kendaraan Jadi Penyebab Utama Polusi Udara, Ini Tanggapan Suzuki

“Misalnya seperti mobil ini yang dibuat untuk kapasitas 4 orang. Maka nantinya penumpang yang ikut dalam perjalanan menggunakan mobil ini hanya empat orang dan duduk di kursi penumpang yang menghadap ke depan,” kata Jaka kepada Kompas.com, Sabtu (19/8/2023).

Bila pada motorhome punya 3 kursi yang menghadap ke depan, maka mobil tersebut memang dirancang untuk 3 orang. Sementara itu, apabila ada tambahan penumpang lain, maka harus duduk di kursi dapur atau kasur.

Motorhome Nyi IteungKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Motorhome Nyi Iteung

Padahal, kursi dapur atau kasur tidak bisa digunakan oleh penumpang pada saat mobil jalan. Sebab hanya empat kursi yang menghadap ke depan yang aman digunakan lentera dilengkapi dengan sabuk pengaman.

“Pada saat mobil jalan, penumpang harus duduk di kursi yang dilengkapi dengan sabuk pengaman agar lebih aman. Kita tidak tahu di jalan akan menemukan medan seperti apa. Kalau nanti duduk di kursi tanpa sabuk pengaman atau di kasur, akan jadi bahaya bila terpental,” kata Jaka.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2023, Bagnaia Masih Memimpin

Sementara itu, untuk desain interior juga harus diperhatikan dimana jangan terlalu banyak menggunakan siku-siku aksen yang runcing.

Misalnya sudut lemari atau meja makan dibuat menjadi lebih tumpul tidak runcing. Hal tersebut agar penumpang tidak terluka parah jika tidak sengaja terbentur interior mobil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com