Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Merek Mobil China Masuk Indonesia merupakan Tren Global

Kompas.com - 14/08/2023, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar otomotif Indonesia semakin ramai dengan hadirnya berbagai merek baru. Mayoritas ialah merek asal China yang masuk dan mencari celah di segmen mobil dan sepeda motor listrik.

Pada Gaikindo Indonesia International Autow Show (GIIAS) 2023 saja ada tiga merek mobil baru yang ikut persaingan pasar di Indonesia, yaitu Neta, Great Wall Motor (GWM) dengan tiga merek, yaitu Haval, Tank dan Ora, serta Maxus.

Baca juga: Intip Spesifikasi Neta S, Mobil Listrik dengan Jarak Tempuh 1.100 Km

Kemudian, jika ditarik beberapa tahun ke belakang, merek lain asal China lain juga gencar penetrasi di pasar Indonesia seperti Wuling, DFSK, dan MG Motor meski merek terakhir ini lahir dan besar di Inggris.

Spesifikasi Neta S, mobil listrik sport asal China dengan jarak tempuh 1.100 kilometer dan harga sekitar Rp 762 juta. Melantai di GIIAS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Spesifikasi Neta S, mobil listrik sport asal China dengan jarak tempuh 1.100 kilometer dan harga sekitar Rp 762 juta. Melantai di GIIAS 2023

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi mengatakan, kehadiran banyak merek baru asal China bukan hanya terjadi di Indonesia, tapi merupakan tren global.

"Saya rasa sama ya, kemarin kami juga diskusi dengan major office dan di Thailand juga sama, saya rasa ini tren global dan makin banyak merek yang masuk mau dari Jepang, China, dari Korea, saya rasa wajar-wajar saja dan ini umum terjadi jadi bukan suatu hal yang mengagetkan," ujar Anton di ICE BSD City, Tangerang, belum lama ini.

Anton mengatakan, hadirnya merek baru justru bagus buat perkembangan pasar mobil di Indonesia.

"Kedua ini saya rasa juga menjadi stimulus untuk masyarakat. Tujuan produk baru untuk meningkatkan animo dari market," kata Anton.

Baca juga: Suzuki Baleno Punya Fitur Baru, Simak Skema Cicilannya

MPV Premium listrik terbaru asal China, Maxus Mifa 9Maxus MPV Premium listrik terbaru asal China, Maxus Mifa 9

Tahun lalu penjualan ritel mobil di Indonesia sebanyak 960.000 unit per tahun. Tahun ini prediksinya market akan tumbuh dan bisa menembus angka 1 juta unit.

"Tahun ini prediksi dari market 1 juta lebih sedikit jadi harapan kami dengan adanya merek baru ini tidak hanya kompetisi dengan tiap brand, tapi meningkatkan market dan juga produksi," kata Anton.

"Harapannya tidak hanya CBU, tapi juga produksi lokal itu akan menguntungkan buat negara kita juga," kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com