Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All New Honda CR-V Diklaim Aman Konsumsi Bioetanol E5

Kompas.com - 13/08/2023, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - All New Honda CR-V Turbo dan Hybrid sudah dipasarkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Sport utility vehicle (SUV) terbaru Honda ini diklaim aman untuk mengonsumsi bahan bakar bioetanol.

Untuk diketahui, PT Pertamina (Persero) sudah memasarkan bahan bakar jenis baru, yakni Pertamax Green 95. Bahan bakar ini merupakan campuran Pertamax yang memiliki RON 92 dengan 5 persen etanol atau disebut juga E5.

Baca juga: Fitur Canggih Honda Connect All New CR-V Hybrid

All New CR-V Turbo dibekali dengan mesin 1.5 L, DOHC, 4-silinder. Sementara All New CR-V Hybrid, mengandalkan mesin 2.0 L direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC dipadu dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT).

All New Honda CR-V HybridDok. HPM All New Honda CR-V Hybrid

Hirofumi Hanafusa, Engineering Design Development Leader, From Automobile Development Center Automobile Operations Honda, mengatakan, kedua tipe All New CR-V tersebut bisa menggunakan Pertamax Green 95.

"Baik mobil petrol (1.5 L) atau hybrid (2.0 L), dari E0 sampai E22, dapat menerima. Jadi, E5 tentu bisa," ujar Hanafusa, saat ditemui di booth Honda, Jumat (13/8/2023).

Baca juga: Spesifikasi dan Harga All New Honda CR-V Turbo dan Hybrid di GIIAS 2023

Sebelumnya, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, dengan E5, saat ini mobil Honda di Indonesia sudah kompatibel dan tidak ada masalah.

All New Honda CR-V e:HEV alias All New CR-V HybridKompas.com/Adityo All New Honda CR-V e:HEV alias All New CR-V Hybrid

"Kalau secara global, di luar Indonesia, sudah ada beberapa negara menggunakan bioetanol di atas lima persen untuk beberapa model Honda. Misalkan di Thailand, ada E85 Accord, Civic, dan juga E20 City, HR-V, Civic, Accord," kata Billy, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Saat ini, distribusi Pertamax Green 95 belum menyeluruh. Hanya beberapa SPBU saja yang menyediakan jenis bahan bakar tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan ke depannya akan dipasarkan secara masif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com