Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Bengkel Ketok Biasa dan Ketok Magic

Kompas.com - 03/08/2023, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam perbaikan bodi mobil ada istilah bengkel ketok dan ketok magic. Bengkel ketok mayoritas dilakukan bengkel cat duco alias bengkel body repair yang terletak di pinggir jalan.

Lantas apa bedanya antara pengerjaan ketok biasa dan ketok magic?

Jaya, tukang cat duco dari Bumi Motor di Martimbang, Jakarta Selatan, mengatakan, perbedaan mendasar antara ketok biasa dan ketok magic terletak pada proses pengerjaan.

Baca juga: Pentingnya Perawatan Harian Truk Sebelum Berangkat

Ketok magic ala Damkar dengan alat murah meriahTangkapan layar Ketok magic ala Damkar dengan alat murah meriah

"Kalau ketok magic tersembunyi dan ditutupi jadi pemilik mobil tersebut tidak mengetahui proses pengerjaan dan siapa yang mengerjakan. Kalau ketok biasa sifatnya terbuka jadi siapa saja bisa melihat," kata Jaya kepada Kompas.com, Selasa (1/8/2023).

"Bedanya sedikit. Tapi intinya tetap diketok," ujar Jaya.

Senada dengan Jaya, Bambang Sukoco, pemilik bengkel body repair dan ketok magic Ketok Halus 2000, di Kemanggisan, Jakarta Barat, mengatakan, alat yang dipakai ketok biasa dengan ketok magic juga sama.

Baca juga: Tren Ban Motor Terlaris Mulai Bergeser ke Ukuran 12 Inci

Bengkel perbaikan bodi mobil punya berbagai pilihan mulai dari bengkel resmi sampai body repair atau reparasi pinggir jalan yang biasa dikenal dengan sebutan cat duco.KOMPAS.com/Gilang Bengkel perbaikan bodi mobil punya berbagai pilihan mulai dari bengkel resmi sampai body repair atau reparasi pinggir jalan yang biasa dikenal dengan sebutan cat duco.

"Sebetulnya tidak ada beda, semua juga pakai alat-alat yang sama. Hanya saja, kalau ketok magic itu sebab dulu itu ditutup-tutupi. Jadi ada mitos magic itu pakai apa, padahal alatnya sama saja," ujar Bambang.

"Mungkin pengerjaan ketok magic saja lebih tertutup. Lebih kepada teknik pengerjaannya saja," ujar Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com