Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Servis Mobil Rutin Tepat Waktu

Kompas.com - 31/07/2023, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Pengguna mobil baru perlu tahu bahwa agar performa mobil tetap prima maka perlu melakukan servis rutin atau servis berkala.

Waktu pelaksanaan servis rutin juga sudah ditentukan oleh pabrikan, konsumen bisa melihat di buku pedoman servis.

Ternyata, melakukan servis rutin harus tepat waktu karena akan berimbas kepada performa, keawetan komponen secara menyeluruh dan garansi mobil.

Baca juga: Lakukan Servis Rutin Agar Garansi Mobil Baru Tidak Hangus

Servis Daihatsu Ayla di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang Astra Daihatsu Majapahit Semarang Servis Daihatsu Ayla di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang

Service Advisor Daihatsu Cilacap Abdul Fadhol mengatakan servis mobil rutin secara tepat waktu banyak manfaatnya.

“Untuk mobil baru kelebihannya adalah menjaga garansi mobil, dengan servis rutin tepat waktu maka kupon servis gratis bisa digunakan, garansi terjamin hingga masanya, selain itu ada dampak positifnya,” ucap Fadhol kepada Kompas.com, Minggu (30/7/2023).

Fadhol mengatakan mobil yang diservis rutin tepat waktu akan mendapatkan perawatan yang lebih baik. Sehingga, setiap mulai terdeteksi kerusakan bisa segera diperbaiki.

Baca juga: Syarat Dapat Servis Gratis untuk Mobil Baru di Bengkel Resmi

Oli mesin asli bisa diidentifikasi dari batch number di tutup kemasan atau leher kemasandok. Pertamina Oli mesin asli bisa diidentifikasi dari batch number di tutup kemasan atau leher kemasan

Dengan demikian, mobil akan selalu dalam kondisi terbaiknya selama pemakaian. Misal soal pelumas mesin, akan selalu dalam kondisi baik dalam melumasi komponen mesin yang ujung-ujungnya mesin menjadi lebih awet.

“Selain oli, setiap mekanikal yang bergerak seperti rem, engsel pintu dan sejenisnya perlu dilumasi ulang secara rutin agar kinerjanya optimal setiap saat,” ucap Fadhol.

Fadhol juga mengatakan sebagian komponen mobil juga hanya perlu dibersihkan setiap melakukan servis rutin sehingga bila sampai telat bisa menyebabkan penurunan performa.

Baca juga: Pentingnya Servis 1.000 Km untuk Mobil Baru

Filter udara membutuhkan perawatan rutin primes_asia Filter udara membutuhkan perawatan rutin

“Misal filter udara, filter kabin, itu selalu dibersihkan dan diperiksa setiap servis, jika sampai telat maka ada peluang kotoran masuk, bila di mesin akan menyebabkan performa menurun, sedangkan di kabin bisa menyebabkan kualitas udara menurun,” ucap Fadhol.

Sementara itu, ragam pekerjaan setiap jenis servis rutin ada banyak sekali pemeriksaan sehingga tidak boleh terlewatkan menurut Fadhol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com