Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Yamaha Diklaim Aman Pakai BBM Pertamax Green 95

Kompas.com - 26/07/2023, 10:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) baru saja meluncurkan BBM jenis baru Pertamax Green 95. Berbeda dari jenis lainnya, BBM RON 95 ini menggunakan campuran bioetanol 5 persen.

Sejumlah agen pemegang merek (APM) mulai menyatakan kesiapannya menyambut BBM baru ini. Termasuk merek-merek roda dua yang dipasarkan di Indonesia, salah satunya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Assistant General Manager Marketing-Public Relations YIMM Antonius Widiantoro, mengatakan, motor-motor lansiran Yamaha bisa menenggak BBM Pertamax Green 95.

Baca juga: 5 Mobil Hybrid Terlaris Juni 2023, Innova Zenix Memimpin

Pertamina resmi merilis BBM Pertamax Green 95Dok. Pertamina Pertamina resmi merilis BBM Pertamax Green 95

“Untuk Pertamax Green dengan campuran bioetanol 5 persen tentunya sudah disesuaikan dengan standar kendaraan yang dijual di Indonesia,” ujar Antonius, kepada Kompas.com Selasa (25/7/2023).

Antonius mengatakan, dalam hal ini Yamaha Indonesia telah mengekspor beberapa model seperti R25, R3, XMAX, NMAX dan lain-lain ke Eropa sesuai dengan standar di negara tujuannya.

“Dengan standar Eropa yang sudah mengadopsi standar Euro 5, dan bahan bakar yang digunakan di sana juga sudah menggunakan bioetanol 5 persen, sehingga produk Yamaha yang kami jual di sana memang sudah siap untuk penggunaan bioetanol 5 persen,” kata dia.

Baca juga: Gesits Siapkan 2 Motor Listrik Baru, Model Murah dan Premium

Meski begitu, Antonius mengatakan, pihaknya akan melakukan pengetesan BBM Pertamax Green 95 untuk mengetahui dampaknya terhadap motor Yamaha.

“Namun kami akan tetap melakukan uji coba dan evaluasi di internal, apakah penggunaan bahan bakar tersebut akan berdampak terhadap performa, emisi, perubahan setting timing pengapian dan lain-lain,” kata Antonius.

“Tentunya nanti pasti akan kami lakukan pengecekan dan evaluasi lebih lanjut. Karena jenis bahan bakar ini baru saja dipasarkan,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com