Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LCR Honda Pastikan Alex Rins Akan Pindah ke Yamaha

Kompas.com - 25/07/2023, 06:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap tim LCR Honda Alex Rins bakal pindah ke Yamaha pada MotoGP 2024. Kepastian ini disampaikan Bos LCR Honda Lucio Cecchinello, yang mengonfirmasi kedekatan antara Rins dan Yamaha.

Cecchinello mengatakan, Rins dan Yamaha sedang menjalin negosiasi untuk MotoGP 2024. Kabarnya, kesepakatan tersebut tinggal menunggu tanggal resmi saja untuk mengumumkan kontraknya.

Ternyata Yamaha sudah sejak lama menginginkan Alex Rins mengendarai motor YZR-M1. Namun karena beberapa alasan, Rins akhirnya malah memilih gabung Honda.

Baca juga: WNA Keliling Dunia Pakai Motor Listrik Tanpa Takut Kehabisan Baterai

Alex Rins saat sesi tes pra-musim MotoGP 2023 bersama tim satelit LCR HondaDok. @alexrins Alex Rins saat sesi tes pra-musim MotoGP 2023 bersama tim satelit LCR Honda

“Alex teken kontrak dengan HRC dua musim, 2023 dan 2024, tapi memang ada opsi untuk pergi jika ia mendapat tawaran dari tim pabrikan," ujar Cecchinello, dilansir dari GPOne (24/7/2023).

"Tahun lalu kesepakatan Rins dan Yamaha sudah hampir terjadi, tapi gagal karena faktor Franco Morbidelli. Ia (Rins) dan manajernya memilih opsi kami," kata dia.

Menurut Cecchinello, negosiasi yang berlangsung saat ini tidak hanya melibatkan Yamaha dan pihak pebalap saja.

Baca juga: Mana Lebih Bertenaga, XL7 Hybrid atau Terios Facelift?

Honda yang juga masih memegang kontrak sang pebalap, tetap ikut dilibatkan dalam negosiasi Rins dan pabrikan garpu tala.

"Ia sudah mendapat tawaran dari Yamaha dan negosiasinya sudah dimulai dengan mereka, dengan perwakilan Honda juga, aku tak dilibatkan dalam proses ini," ucap Cecchinello.

"Aku masih belum dapat info resmi, tapi aku bisa bilang sangat disayangkan kami kehilangan Alex karena ia pembalap yang sangat bagus," ujar dia.

Baca juga: Isuzu D-Max V-Cross Expedition Edition Meluncur, Siap Diajak Berkemah

Alex Rins di MotoGP AmerikaTWITTER/RINS42 Alex Rins di MotoGP Amerika

Apabila Rins benar-benar pindah ke Yamaha, maka Franco Morbidelli harus mencari tim lain, di mana ia berpotensi bergabung dengan tim satelit Ducati.

Saat ini, ada dua pilihan buat Morbidelli, yakni di tim VR46 dan tim Gresini Racing. Untuk bisa ke tim VR46 Racing, rekan Quartararo itu harus menunggu kepastian Marco Bezzecchi yang dirumorkan pindah ke tim Pramac Racing.

Sedangkan untuk ke tim Gresini, Morbidelli harus bersaing dengan Tony Arbolino dan Joan Mir, yang kabarnya juga akan meninggalkan Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com