Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Arogan di Jalan, Polisi Pastikan Pelat RF Tidak Sakti Lagi

Kompas.com - 06/07/2023, 18:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengakui banyak oknum pengguna pelat nomor kendaraan khusus berkode RF yang arogan di jalan dan meresahkan masyarakat.

Pasalnya, tidak sedikit dari pengguna yang ingin menang sendiri dengan menambah aksesori seperti strobo dan sirine supaya diberikan jalan prioritas.

Padahal pengemudi terkait hanyalah orang biasa yang tidak masuk golongan prioritas di jalan sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang (UU) No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Baca juga: Penyebab Kabin Mobil Berbau Tidak Sedap

Polisi lalu lintas menilang kendaraan berpelat khusus yang melanggar lalu lintas di wilayah DKI Jakarta.Dokumentasi Ditlantas Polda Metro Jaya Polisi lalu lintas menilang kendaraan berpelat khusus yang melanggar lalu lintas di wilayah DKI Jakarta.

"Dari hasil evaluasi kami, ternyata polda-polda khususnya Metro Jaya bukan hanya menerbitkan RF ini untuk pejabat yang sudah ada pelat nomornya. Tetapi juga diberikan kepada umum," kata Firman dalam dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi III DPR RI, Rabu (5/7/2023).

"Sementara perilaku yang menggunakan RF di jalan, tambah lampu biru, tambah sirene. Kita suruh minggir semua, Pak. Padahal bukan siapa-siapa, sehingga kami hentikan," kata dia.

Oleh karena itu, pihak Korlantas Polri telah memutuskan untuk mengganti kode dari pelat nomor kendaraan pejabat dan hanya menerbitkannya secara selektif.

Pihak Korlantas pun tidak lagi menerbitkan pelat khusus itu secara sendiri, tetapi melalui rekomendasi dari Intelkam Polri dan Propam. Jadi nantinya pelat RF akan sama dengan masyarakat pada umumnya.

Baca juga: DPR Ingin Pembuatan SIM Tanpa Perpanjangan karena Jadi Ladang Cari Duit

Ilustrasi pelat nomor jenis baru
wartakota.tribunnews.com Ilustrasi pelat nomor jenis baru

"Kami sekarang tidak lagi menerbitkan secara sendiri, tapi semua lewat rekomendasi baik Intelkam dan Propam. Jadi nomor-nomornya yang terbaru sudah ada yang keluar," ucap dia.

"Jadi pelat RF besok, sama dengan yang lain, Pak. Nanti untuk yang baru kami terbitkan dengan catatan yang ada," jelas Firman

Firman memberi contoh nomor pelat khusus akan berubah menjadi ZZ. Sementara pelat rahasia nomor yang digunakan acak dan tak diberi tahu ke publik.

"ZZ belakangnya, ini nomor khusus. Kalau nomor rahasia tidak kasih tahu, Pak. Namanya juga rahasia kan. Jadi, jika Bapak pakai rahasia, tidak kita kasih tahu pelatnya ke orang. Tapi kalau tercatat di ETLE, kita tahu persis, 'Oh yang pakai ini, nomor aslinya ini'," kata Firman lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com